Fauzan, Ahmad (2020) Nilai dan metode pendidikan akhlak dalam Novel Imam Masa Depan Karya Sahlil Ge: Analisis Ilmu Pendidikan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam kehidupan manusia, akhlak menempati posisi yang sangat penting. Baik manusia sebagai individu, maupun anggota masyarakat. Karena begitu pentingnya, akhlak menjadi salah satu tujuan utama Pendidikan nasional dan Pendidikan islam. Oleh karena itu upaya dalam pembentukan akhlak sangat perlu dilakukan sejak dini, diantaranya melalui Pendidikan. Novel adalah salah satu bentuk karya sastra yang sangat populer didunia. Karya sastra ini paling banyak beredar, karena daya komunikasinya yang luas pada masyarakat. Sehingga novel sangat efektif jika dugunakan sebagai media pendidikan dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan dalam alur ceritanya. Sebagai bahan penelitian, penulis menjadikan novel Imam Masa Depan Karya Sahlil Ge sebagai objek kajiannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Struktur novel Imam Masa Depan, (2) Nilai-nilai Pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Imam Masa Depan, dan (3) Metode Pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Imam Masa Depan. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, membaca, menganalisis dan menelaah isi novel Imam Masa Depan serta buku-buku lain yang ada kaitannya dengan pendidikan Akhlak. Berdasarkan pembahasan penelitian mengenai novel Imam Masa Depan karya Sahlil Ge, dapat disimpulkan bahwa (1) Strukturnya meliputi unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Yang termasuk unsur intrinsik adalah, tema, alur, latar/setting yang meliputi latar waktu dan tempat, penokohan, dan sudut pandang. Adapun unsur ekstrinsiknya meliputi : Biografi Sahlil Ge sebagai pengarang novel Imam Masa Depan, lingkungan sosial budaya pengarang, lingkungan Pendidikan, lingkungan ekonomi, dan pandangan hidup pengarang. (2) Nilai-nilai Pendidikan akhlak didalamnya yaitu : (a) Nilai Pendidikan Akhlak kepada Allah SWT yang meliputi khouf, taubat, sabar, dzikir, berdoa, syukur, tawakkal atau berserah diri, serta ikhlas. (b) Nilai Pendidikan akhlak kepada diri sendiri yang meliputi, semangat mencari ilmu, mengajarkan dan mengamalkan ilmu, muhasabah, mujahadah, serta tawadhu. (c) Nilai Pendidikan akhlak kepada sesama yang meliputi, husnudzan, tasamuh/toleransi, penyayang, memberi pertolongan, sopan santun serta pemaaf. (3) Metode pendidikan akhlak yang digunakan adalah: Metode Keteladanan, Nasihat, Pembiasaan, Role Play, dan Ibrah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Education Education and Research of Literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Fauzan |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 04:56 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 04:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32992 |
Actions (login required)
View Item |