Sulistya, Alis Aisyah (2020) Pengaruh pelaksanaan shalat berjamaah terhadap perilaku sosial siswa : Penelitian pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 17 Bandung, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada pelaksanaan shalat berjamaah di SMP Negeri 17 Bandung. Pelaksanaan shalat berjamaah di sekolah ini sudah terimplentasi dengan baik, walaupun ada sebagian siswa yang masih kurangnya kesadaran dalam pelaksanaan shalat berjamaah ini. Padahal pelaksanaan shalat berjamaah dapat menjadikan siswa mempunyai perilaku soial yang baik, karena setidaknya siswa berkumpul dengan siswa yang lainnya di masjid sekolah, sehingga terjalin silaturahmi, kebersamaan, hubungan yang baik, bahkan tidak saling mengganggu satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) realitas pelaksanaan shalat berjamaah di SMP Negeri 17 Bandung, 2) realitas perilaku sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Bandung, 3) pengaruh pelaksanaan shalat berjamaah terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Bandung. Pelaksanaan shalat berjamaah adalah salah satu pembiasaan yang dilakukan di SMP Negeri 17 Bandung. Dengan dilaksanakannya pelaksanaan shalat berjamaah di SMP Negeri 17 Bandung, pembiasaan ini akan berpengaruh terhadap perilaku sosial siswa dalam kehidupannya sehari-hari. Perilaku sosial ini dapat dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti faktor lingkungan, baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Penelitian ini termasuk ke dalam pendekatan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Penelitian ini lebih diarahkan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh antara dua variabel berdasarkan hasil analisis kadar pengaruh. Teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi dengan sampel sebanyak 32 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis parsial dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaaan shalat berjamaah (Variabel X) terhadap perilaku sosial siswa (variabel Y). Berdasarkan perhitungan hasil analisis kadar pengaruh diperoleh hasil 31%. Maka hal ini menggambarkan bahwa pelaksanaan shalat berjamaah mempunyai pengaruh terhadap perilaku sosial siswa sebesar 31% dan diperkirakan 69% dipengaruhi oleh faktor lain selain pelaksanaan shalat berjamaah. Kata Kunci: pelaksanaan, pengaruh, shalat berjamaah, perilaku sosial
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pelaksanaan; pengaruh; shalat berjamaah; perilaku sosial; |
Subjects: | Islam > Salat Education |
Depositing User: | Alis Aisyah Sulistya |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 04:14 |
Last Modified: | 03 Sep 2020 04:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33041 |
Actions (login required)
View Item |