Rahman, Iffa Hanifah (2020) Analisis jawaban mahasiswa dalam mengerjakan soal barisan bilangan real berdasarkan Teori Watson. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
Abstract
Masih banyak mahasiswa matematika yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal barisan bilangan real pada mata kuliah Analisis Real, sehingga perlu diketahui faktor-faktor penyebab mahasiswa mengalami hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus yang bertujuan untuk mengidentifikasi jawaban mahasiswa berdasarkan Teori Watson dan mengetahui klasifikasi jawaban berdasarkan karakteristik latar belakang mahasiswa serta faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester V Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Hasil analisis diperoleh bahwa jawaban mahasiswa berdasarkan Teori Watson melakukan beberapa jenis kesalahan yaitu kesalahan data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hirarki keterampilan, dan selain ke-tujuh kategori diatas. Klasifikasi jawaban mahasiswa berdasarkan jalur masuk UM-PTKIN memiliki nilai rata-rata paling besar dengan kategori cukup, sedangkan berdasarkan asal sekolah pendidikan menegah nilai rata-rata paling besar yaitu MA (Madrasah Aliyah) dengan kategori kurang. Penyebab kesalahan ini antara lain karena mahasiswa tidak dapat mengabstraksikan soal, mahasiswa tidak terbiasa dengan soal yang berbeda, kurangnya keterampilan dalam soal bentuk akar dan faktorial, mahasiswa tidak memahami konsep, dan mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami materi dengan buku panduan berbahasa inggris
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis jawaban; jenis kesalahan; barisan bilangan real; teori watson |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Iffa Hanifah Rahman |
Date Deposited: | 08 Sep 2020 02:19 |
Last Modified: | 08 Sep 2020 02:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33177 |
Actions (login required)
View Item |