Hasim, Adnan (2020) Pengaruh pemahaman peserta didik mengenai materi Akidah Akhlak terhadap kepribadian jujur dan adil. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan siswa yang masih banyak melakukan prilaku menyontek dikelas, baik dalam ulangan harian maupun ketika ujian tengah semester. Banyak motif yang dilakukan siswa untuk melakukan prilaku negative tersebut, salah satu diantaranya yaitu para siswa saling tukar jawaban kepada temannya yang lain. Selain itu, ada juga beberapa siswa yang memiliki prilaku tidak adil, seperti memilah dan memilih temannya dengan membuat suatu perkumpulan organisasi (geng) sehingga menjadikan siswa lainnya merasa kurang nyaman akibat dari tingkah laku siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk pengetahui: 1) Pemahaman peserta didik mengenai materi Aqidah akhlak, 2) Kepribadian jujur dan adil 3) Pengaruh pemahaman peserta didik mengenai materi Aqidah akhlaq terhadap kepribadian jujur dan adil. Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka berfikir bahwa pemahaman diartikan sebagai kemampuan untuk menjelaskan suatu situasi atau tindakan yang dilakukan oleh setiap orang. Seseorang dapat dikatakan paham, apabila dia bisa menjelaskan kembali inti dari materi atau konsep yang diperolehnya secara mandiri. Maka dari itu, dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengetahui tingkat pemahaman peserta didik mengenai materi akidah akhlak terhadap kepribadian jujur dan adil. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode korelasi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, test dan studi kepustakaan. Adapun analisis data yang digunakan adalah tekhnik analisis parsial dan korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pemahaman peserta didik mengenai materi akidah akhlak berada pada kategori baik yaitu 79 %, berdasarkan perhitungan dalam penelitian ini. 2) Kepribadian jujur dan adil peserta didik setelah mengikuti angket yang berkaitan dengan materi akidah akhlak tentang jujur dan adil, diperoleh nilai 4,33 yang menunjukan pada kategori sangat baik. 3) Pengaruh pemahaman peserta didik mengenai materi aqidah akhlak terhadap kepribadian jujur dan adil berada pada kategori sangat baik berdasarkan analisis korelasi sebesar 0,86 berada pada rentang 0,81-1,00. Hasil uji hipotesis menunjukan thitung = 8,92 dan ttabel = 1,70 dimana thitung (8,92) > ttabel (1,70) sehingga hipotesis diterima. Dan hasil analisis kadar pengaruh korelasinya sebesar 49%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman; Kepribadian; Jujur; Adil |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Adnan Hasim |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 00:57 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 00:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33292 |
Actions (login required)
View Item |