Al-Mukhit, Achmad Bisri Nur Dwi (2020) Hubungan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam perspektif siswa dengan pengalaman ajaran agama Islam di sekolah : Penelitian pada siswa kelas X IPS 1 dan XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Purworejo Tahun 2019/2020 Kecamatan Loano Kapubaten Purworejo. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya UU. No.14 Tahun 2005 tentang kompetensi guru yang salah satunya adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi tersebut sangat penting dimiliki oleh seorang guru PAI dalam perannya sebagai teladan, mengingat minimnya pengamalan ajaran agama Islam di kalangan siswa. Padahal, mata pelajaran PAI diajarkan untuk diamalkan. Penelitian terdiri dari variabel X dan Y dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam menurut perspektif siswa dengan pengamalan ajaran agama siswa di SMA Negeri 5 Purworejo yang menggunakan desain korelasi, metode deskriptif, pendekatan kuantitatif, dengan instrumen angket yang disebarkan kepada 55 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru-guru di SMA Negeri 5 Purworejo menurut perspektif siswa berada pada kategori tinggi sebesar 85,45%. Demikian halnya pengamalan ajaran agamanya berada pada kategori tinggi sebesar 81,82%. Hasil analisis product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keduanya dalam kategori sedang sebesar 0,559 dengan model persamaan regresi Y=58,923+0,465x. Artinya semakin meningkat kompetensi kepribadian guru PAI, maka semakin meningkat pula pengamalan ajaran agama siswa dengan peningkatan sebesar 0,465. Besaran pengaruh yang diberikan oleh kompetensi guru terhadap pengamalan ajaran agama siswa sebagai hasil analisis koefisien determinasi adalah 31,2%. Bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengamalan ajaran agama siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi;Kepribadian Guru;Pengamalan Ajaran Agama; |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Achmad Bisri Nur Dwi Al-Mukhit |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 01:20 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 03:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33849 |
Available Versions of this Item
-
Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Perspektif Siswa dengan Pengalaman Ajaran Agama Islam di Sekolah (Penelitian Pada Siswa Kelas X IPS 1 dan XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Purworejo Tahun 2019/2020 Kecamatan Loano Kapubaten Purworejo). (deposited UNSPECIFIED)
- Hubungan kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam perspektif siswa dengan pengalaman ajaran agama Islam di sekolah : Penelitian pada siswa kelas X IPS 1 dan XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Purworejo Tahun 2019/2020 Kecamatan Loano Kapubaten Purworejo. (deposited 28 Sep 2020 01:20) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |