Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan jumlah pembiayaan terhadap laba operasional pada PT. Bank Syariah Mandiri Periode 2014-2018

Agustin, Yanti Supriyanti (2020) Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan jumlah pembiayaan terhadap laba operasional pada PT. Bank Syariah Mandiri Periode 2014-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi perekonomian Indonesia di era globalisasi ini mengalami peningkatan di berbagai sektor salah satunya adalah pasar modal pada sektor perbankan. Informasi laporan keuangan salah satu faktor yang sangat diperhatikan oleh para investor yang menginvestasikan kelebihan dananya untuk mengetahui seberapa besar kemampuan bank dalam menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) dan penyaluran dana pada jumlah pembiayaan dengan jumlah dana yang ada di bank. Masalah yang penulis temukan yaitu mengenai kemampuan bank dalam menghasilkan laba operasional melalui penghimpunan sumber dana dari masyarakat serta pemanfaatan dana tersebut dalam bentuk pembiayaan yang disalurkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh Dana Pihak Ketiga secara parsial terhadap Laba Operasional.; (2) Pengaruh Jumlah Pembiayaan secara parsial terhadap Laba Operasional serta (3) Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Jumlah Pembiayaan secara simultan terhadap Laba Operasional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan berganda, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis koefisien determinasi dan berganda, analisis uji hipotesis uji t dan uji f. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS for windows version 24.0. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT. Bank Syariah Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dana Pihak Ketiga (DPK) di PT. Bank Syariah Mandiri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Laba Operasional diperoleh perbandingan anatara nilai thitung dan ttabel yaitu 2,740 >0.45. Maka, dapat dirumuskan Ha diterima dan H0 ditolak.; 2) Jumlah Pembiayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Laba Operasional diperoleh perbandingan anatara nilai thitung dan ttabel yaitu 1.570 >0.45. Maka, dapat dirumuskan Ha diterima dan H0 ditolak. 3) Dana Pihak Ketiga dan Jumlah Pembiayaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Laba Operasional diperoleh hasil Uji f menunjukka nilai Fhitung >Ftabel yakni 4.339>3.59, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dana Pihak Ketiga (DPK); Jumlah Pembiayaan; Laba Operasional
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Accounting > Private Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Yanti Supriyanti Agustin
Date Deposited: 06 Oct 2020 02:16
Last Modified: 06 Oct 2020 02:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34024

Actions (login required)

View Item View Item