Putri, Alma Sobihah (2020) Pengaruh aktivitas shalat Dhuha berjamah terhadap prestasi belajar Afektif : Penelitian terhadap siswa kelas VII SMPN 1 Cileunyi tahun ajaran 2019/2020 Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan, aktivitas shalat dhuha berjamaah disekolah memiliki banyak sekali manfaat di antaranya melatih kedisiplinan peserta didik, meningkatkan sikap religius peserta didik meningkatkan sikap tanggung jawab peserta didik, meningkatkan moral peserta didik, serta dapat mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam shalat dhuha berjamah dalam kehidupan sehari hari. Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar afektif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas shalat dhuha berjamaah 2) Prestasi belajar afektif dan 3) Pengaruh aktivitas shalat dhuha berjamaah terhadap prestasi belajar afektif di Kelas VII SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertitik tolak dari sebuah pemikiran bahwa shalat dhuha berjamah memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar afektif yang lebih baik. Shalat dhuha berjamaah merupakan salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan prestasi belajar afektif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMPN 1 Cileunyi dengan populasi 518 diambil sampel 10 % yaitu 52 siswa. Tempat dan waktu penelitian di SMPN 1 Cileunyi dari tanggal 01 mei s/d 15 Mei 2020. Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu analisis parsial dan korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas shalat dhuha berjamaah memiliki kualifikasi baik dengan rata-rata 4,1 yang berada pada interval 3,5 – 4,2. (2) Prestasi belajar afektif memiliki kualifikasi baik dengan rata-rata 4,0 yang berada pada interval 3,5 – 4,2. (3) Pengaruh aktivitas shalat dhuha berjamaah terhadap prestasi belajar afektif menghasilkan angka koefisien korelasi sebesar 0,99, angka tersebut tergolong kategori sangat tinggi karena berada pada skala 0,800 - 1,00. Derajat berpengaruh Variabel X terhadap Y yaitu sebesar 81 %. Artinya masih terdapat faktor lain sebesar 19 % yang memengaruhi prestasi belajar afektif Kata kunci : Aktivitas, shalat dhuha berjamaah, prestasi belajar afektif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas; shalat dhuha berjamaah; prestasi belajar afektif; |
Subjects: | Islam > Salat Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Alma sobihah putri |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 01:56 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 01:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34521 |
Actions (login required)
View Item |