Nurjaman, Muhamad Ikbal (2020) Pendidikan dan lingkungan hidup: Penelitian terhadap rendahnya pendidikan lingkungan sebagai faktor penyebab ketidakpedulian pada kebersihan lingkungan di Desa Cicalengka Wetan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan lingkungan hidup yang perlu diperhatikan mengingat sangat berkaitan erat dengan dengan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Secara konseptual hubungan antara tingkat pendidikan dengan tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan keduanya dapat dijelaskan bahwa dengan pendidikan yang tinggi maka akan mempengaruhi kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan hidup. Karena dengan pendidikan akan bertambahnya wawasan serta kepekaan masyarakat akan kondisi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan lingkungan terhadap kesadaran dan kebersihan lingkungan hidup, untuk mengetahui dengan pendidikan lingkungan yang telah diperoleh dapat meningkatkan kesadaran dan kebersihan lingkungan hidup di masyarakat Desa Cicalengka Wetan Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan teori ekologi manusia menurut Amos H. Hawley dan Talcott Parsons tentang teori struktur fungsional, teori ekologi yang merupakan salahsatu cabang biologi, yaitu ilmu pengetahuan tentang hubungan antara organisme dan lingkungannya. sedangkan teori fungsional senantiasa harus diperhitungkan hubungan antara pandangan awal mengenai gejala sosial dengan strategi yang diajukan untuk menyusun konsep dari pandangannya itu. Dari hasil hubungan tersebut muncul dan berkembang suatu teori umum mengenai aksi (general theory of action). Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumen dan hasil wawancara mendalam kepada masyarakat Desa Cicalengka Wetan. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan sekunder. Sumber primer meliputi data dari Kepala Desa Cicalengka Wetan, Tokoh masyarakat dan para informan yang memberikan informasi sesuai dengan data yang diperlukan. Sumber sekunder berupa buku dan literatur yang berkaitan dengan lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rendahnya pendidikan lingkungan pada masyarakat Desa Cicalengka Wetan diakibatkan karena kesadaran dan ketidakpedulian lingkungan sekitar dimana masyarakat itu tinggal misalnya: sampah yang berserakan dan menumpuk menimbulkan bau tidak sedap, saluran sanitasi yang tersumbat akibat sampah dan merupakan berbagai macam sumber penyakit yang berefek buruk bagi kesehatan masyarakat Desa Cicalengka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan;Lingkungan Hidup;Kebersihan |
Subjects: | Social Process Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | ikbal nurzhaman |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 03:07 |
Last Modified: | 04 Nov 2020 06:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34644 |
Actions (login required)
View Item |