Sugiharti, Lussy (2020) Sikap siswa tentang kerjasama antara orangtua dan guru pengaruhnya terhadap akhlak mereka di sekolah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER (1).pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (1).pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa kelas 5 dan 6 MI yang tergolong kaka kelas belum memiliki akhlak karimah khususnya tentang menghormati guru sehingga terjadi ketidaktertiban ketika sedang belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut pihak sekolah, membuat satu solusi dengan mengadakan kerjasama antara orangtua dan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sikap, akhlak, dan pengaruh sikap siswa terhadap akhlak siswa kelas 5 & 6 Madrasah Ibtidaiyah Putri Siti Hajar. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa akhlak siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya sikap siswa tentang kerjasama antara orangtua dan guru. Teori yang melandasi penelitian ini adalah teori Pudlri bahwa MI setara dengan SD dan inti pokok pendidikan SD adalah membentuk siswa yang sopan, santun, dan berakhlak sesama manusia. Berdasarka Teori Asmani, guru dan orangtua memiliki peran penting mendidik anak, bukan zamannya orangt ua menyerahkan tanggung jawab penuh kepada guru dan berharap dapat menjadikan anaknya pintar berakhlak mulia, untuk itu diperlukan kerjasama antara orangtua dan guru sehingga anak memiliki akhlak yang baik dengan didukung oleh sikap siswa yang positif tentang kerjasama antara orangtua dan guru. Hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan antara sikap siswa tentang kerjasama antara orangtua dan guru dengan akhlak siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian korelasi. Sementara itu, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Analisis Parsial menguji dan menghitung variabel X dan Y secara terpisah atau dihitung secara per-indikator. Analisis Korelasi yaitu, menganalisis hubungan antara Variabel X dengan Variabel Y. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa sikap siswa tentang kerjasama antara orangtua dan guru memperoleh nilai rata-rata 3,71 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Akhlak siswa di sekolah memperoleh nilai rata-rata 3,56 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Adapun sikap siswa tentang kerjasama antara orangtua dan guru hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah diperoleh nilai korelasi sebesar 0.26 dengan kualifikasi rendah karena berada pada interval 0,200 – 0,399. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ternyata thitung < ttabel (1,21<1,72) dan pengaruh sebesar 0,07 % artinya masih ada pengaruh lain sebesar 99,93% yang mempengaruhi baik dari faktor interal maupun eksternal terhadap akhlak siswa Mereka.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak Siswa |
Subjects: | Causation The Self |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lussy Sugiharti |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 02:00 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 02:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34773 |
Actions (login required)
View Item |