Nurani, Alivia Tanzil (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa pada materi sistem ekskresi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (270kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran harus ditunjang oleh ketersediaan komponen belajar, salah satunya ialah bahan ajar. Bahan ajar merupakan sumber belajar bagi siswa dan digunakan untuk mengefektifkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa, maka dari itu dilakukan pengembangan bahan ajar agar dapat menghasilkan bahan ajar yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa pada materi sistem ekskresi,sehingga dihasilkan bahan ajar yang valid dan efektif terhadap HOTS siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) melalui tahapan define, design, dan development (3-D). Adapun instrumen yang digunakan dalam proses pengumpulan data ialah lembar uji validasi bahan ajar, lembar uji keterbacaan siswa terhadap bahan ajar,soal test berorientasi HOTS, dan lembar respon siswa terhadap bahan ajar. Penelitian ini dilakukan di SMPN 8 Bandung dengan menggunakan sampel 15 orang siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa yang telah dikembangkan dikategorikan valid dengan perolehan keseluruhan persentase dari penilaian para ahli adalah 77%. Uji Keterbacaan siswa terhadap bahan ajar menunjukan kategori sangat baik dengan perolehan rata – rata skor 3,3. Respon siswa terhadap bahan ajar berbasis inkuiri terhadap HOTS siswa dikategorikan sangat baik dengan mendapatkan presentase sebesar 81%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; HOTS; Inkuiri; Pengembangan; Sistem Ekskresi |
Subjects: | Education Education, Research Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Alivia Tanzil Nurani |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 02:33 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 02:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34830 |
Actions (login required)
View Item |