Fitriyani, Elok Afifah (2020) Penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (337kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dilatihkan kepada peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Meaningful Instructional Design. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Meaningful Instructional Design pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 4 MAN 1 Cirebon dengan jumlah 22 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Meaningful Instructional Design berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 92% dan peserta didik sebesar 81%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 16,02 dan nilai ttabel sebesar 2,086 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Meaningful Instructional Design dengan nilai N-gain sebesar 0,76 pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meaningful Instructional Design; keterampilan berpikir kritis; usaha dan energi. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Elok Afifah Fitriyani |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 03:13 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34995 |
Actions (login required)
View Item |