Hida, Zoel Faris (2020) Pengembangan media Science Comic berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (317kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (589kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki untuk menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media science comic berbasis Problem Based Learning, keterlaksanaan proses pembelajaran dan Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan 4D yaitu Define meliputi analisis kurikulum, lapangan, dan penelitian terdahulu. Design mengenai rancangan instrumen dan science comic. Devolepment merupakan proses pembuatan science comic dan uji validasi. Dissemination sebagai penggunaan science comic oleh peserta didik kelas X SMAN 13 Garut, yaitu kelas X MIPA 1 yang berjumlah 30 orang. Berisi tentang hasil uji lapangan seperti Lembar Validasi, Lembar Student Activity Sheet (SAS), dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: 1) tingkat kelayakan media science comic dalam kategori sangat valid sebesar 0,87 2) keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan media science comic berbasis Problem Based Learning termasuk kategori efektif sebesar 80%, 3). Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-gain sebesar 0,67. Hasil uji t diperoleh t_hitung=25,42 >〖 t〗_tabel=2,04 sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan diterapkan media science comic berbasis Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Media Science Comic berbasis Problem Based Learning; usaha dan energy; 4D. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Rhetoricand Collections of Literary > Collection of Literary |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Zoel Faris Hida |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 01:42 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 01:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35216 |
Actions (login required)
View Item |