Alawiyah, Risa Nur (2020) Hubungan tingkat kemampuan literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (160kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
Abstract
Seiring dengan perubahan paradigma pendidikan abad 21 yang tidak bisa terpisahkan dari teknologi informasi dan komunikasi, hubungan literasi digital sebagai kecakapan literasi dasar dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi perlu diketahui. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis tingkat kemampuan literasi peserta didik, hasil belajar peserta didik, dan hubungan tingkat kemampuan literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan adalah penelitian survei dan deskriptif analisis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran dengan jenis penelitan korelasi deskriptif. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Ciamis pada peserta didik kelas XII MIPA yang berjumlah 141 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian literasi digital pada materi sistem reproduksi. Data hasil belajar diperoleh melalui studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi pearson. Hasil penelitian menujukkan (1) tingkat literasi digital peserta didik sangat tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 81,72, dengan konversi nilai skala empat menjadi 3,27 menunjukan interpretasi sangat tinggi (2) hasil belajar peserta didik menunjukan rata-rata nilai 81,67 atau 3,26 menunjukan kategori hasil belajar berkategori baik (3) analisis korelasi diuji menggunakan uji korelasi pearson dengan df=139 dan α=0,5 menghasilkan nilai 0,906 yang berada pada rentang 0,80-1,000. Hasil uji korelasi menunjukan adanya korelasi sangat tinggi antara variabel literasi digital dengan hasil belajar. Hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig<0,05) menunjukan bahwa H0 diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi digital dengan hasil belajar peserta didik pada materi sistem reproduksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; korelasi; literasi digital; sistem reproduksi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Risa R Nur Alawiyah |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 06:21 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 06:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35543 |
Actions (login required)
View Item |