Nursamsyah, Ciah (2020) Analisis aspek literasi ilmiah pada buku Biologi SMA kelas X materi virus. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1 .pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka .pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
Abstract
Buku merupakan aspek yang sangat penting bagi kemajuan pendidikan dan harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Standar Kompetensi Lulusan pada kurikulum 2013 menekankan pada pendekatan saintifik yang sejalan dengan komponen literasi ilmiah dan berdasarkan studi PISA tingkat kemampuan literasi ilmiah siswa Indonesia masih berada dibawah standar maka tercetuskan analisis literasi ilmiah terhadap buku teks biologi SMA kelas X pada materi yang disesuaikan dengan situasi pandemik seperti saat ini yakni materi virus. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan tingkat literasi ilmiah pada buku teks Biologi SMA kelas X materi virus berdasarkan dimensi literasi sains sebagai cara berpikir, 2) Mendeskripsikan tingkat literasi ilmiah pada buku teks Biologi SMA kelas X materi virus berdasarkan dimensi interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2020 dengan menggunakan metode analisis deskriptif terhadap tiga buku teks biologi SMA yang paling banyak digunakan di Kecamatan Pamijahan yaitu buku dari Erlangga, Grafindo dan Bailmu yang kemudian disebut dengan buku A, B dan C. Hasil penelitian menunjukan kategori sains sebagai cara berpikir pada buku A memiliki persentase paling tinggi yakni 81%, buku B 77% dan buku C 73%. Untuk kategori interaksi sains, teknologi dan masyarakat perolehan persentase pada buku A sebesar 19%, buku B 23% dan buku C 27%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada kategori sains sebagai cara berpikir buku A masuk dalam kategori baik dan buku B dan C termasuk dalam cukup baik, sedangkan untuk kategori interaksi sains, teknologi dan masyarakat buku A, B, dan C termasuk dalam kategori kurang baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku teks; literasi sains; studi PISA; virus |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ciah Nursamsyah |
Date Deposited: | 08 Dec 2020 06:03 |
Last Modified: | 08 Dec 2020 06:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35590 |
Actions (login required)
View Item |