Arifa, Ali (2020) Implikasi pedagogis Qurán Surat Al-baqarah ayat 201 tentang tujuan pendidikan Islam: Analisis Ilmu Pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (576kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan sebagai sarana untuk membangun peradaban, masih dipenuhi dengan berbagai macam problema. Munculnya disorientasi tujuan yang terjadi di bidang pendidikan, ditandai dengan tidak sedikitnya pelajar-pelajar, mahasiswa, ataupun sarjana yang menjadikan gelarnya sebagai industri bisnis dengan tujuan yang pragmatis, agar modal yang selama ini dikeluarkan saat menimba ilmu di lembaga pendidikan akan menuai keuntungan. Tidak sedikit dari mereka ketika lulus, mengharapkan jabatan yang tinggi pada pandangan manusia. Hal tersebut terjadi karena adanya dikotomisasi dalam perumusan tujuan, yang disebabkan karena pemahaman yang parsial akan tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penafsiran para mufassir terhadap Qur’an surat al-Baqarah ayat 201, (2) Mengetahui tujuan pendidikan Islam yang terkandung dalam Qur’an surat al-Baqarah ayat 201, (3) Mengetahui implikasi pedagogis Qur’an surat al-Baqarah ayat 201 tentang tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pendidikan sebagai sebuah proses, mesti memiliki tujuan. Sebab, penetapan tujuan merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk didahulukan. Penetapan tujuan pendidikan bisa didasarkan pada berbagai sumber, salah satunya al-Qur’an. Al-Qur’an sebagai pedoman utama umat Islam, telah memberikan kisi-kisi bagi manusia untuk menjalankan seluruh aktifitas hidupnya, tak terkecuali dalam hal penetapan tujuan pendidikan. Ayat al-Qur’an yang menjelaskan mengenai penetapan tujuan pendidikan salah satunya terdapat dalam surat al-Baqarah ayat 201. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Metode penelitian “content analysis”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, dengan sumber data primer dalam penelitian ini diantaranya: Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Tafsir Jalalain, Tafsir Al-Mishbah, Tafsir Al-Azhar, Tafsir Al-Maraghi, dan Tafsir Al-Qurthubi. Sedangkan, yang menjadi sumber data sekundernya adalah buku-buku penunjang yang berkaitan dengan masalah penelitian diantaranya buku ilmu pendidikan Islam. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui proses satuan, kategorisasi, penafsiran data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) secara umum para mufassir tidak terlalu berbeda dalam menafsirkan Qur’an surat al-Baqarah ayat 201 ini, atau dalam arti semua penafsiran yang disebutkan para mufassir itu saling berkaitan dan tidak bertentangan, salah satunya ketika menafsirkan makna kebahagiaan di dunia, para mufassir menjelaskan bahwa kebahagiaan di dunia itu meliputi kesehatan, rizky yang melimpah, ilmu ytang bermanfaat, istri yang baik, rumah yang megah dsb, adapun yang dimaksud dengan kebahagiaan di akhirat menurut para mufassir yaitu surga (2) tujuan pendidikan Islam yang terkandung dalam Qur’an surat al-Baqarah ayat 201 terbagi kepada tiga macam: yakni untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia, untuk mendapatkan kebahagiaan di akhirat serta agar terhindar dari siksa api neraka, (3) implikasi pedagogis dari Qur’an surat at-Baqarah ayat 201, yakni untuk memperoleh prinsip keseimbangan dalam kebahagiaan yang dirasakan manusia sebagai “output” dari pendidikan, salah satunya bisa diraih dengan cara merumuskan kurikulum pendidikan Islami yaitu kurikulum yang terintergrasi dan tidak dikotomi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implikasi; Pedagogis; Al-baqarah; Tujuan Pendidikan Islam |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ali Arifa |
Date Deposited: | 16 Dec 2020 05:00 |
Last Modified: | 16 Dec 2020 05:00 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35732 |
Actions (login required)
View Item |