Listiani, Nerissa (2020) Sosialisasi pemanfaatan listrik melalui program Eco Lifestyle: Studi deskriptif kualitatif di Humas PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : PT. PLN (Persero) sebuah perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) yang mengurusi aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Program Eco lifestyle merupakan program mendukung publik untuk menggunakan peralatan elektronik yang ramah lingkungan, seperti kompor induksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat melaksanakan sosialisasi program Eco Lifestyle. Penelitian ini menggunakan model komunikasi SMCRE David K. Berlo. Paradigma yang dipakai dalam penelitian ini adalah konstruktivisme yangbertujuan untuk memaknai makna-makna yang diungkapkan informan yang tidak dapat digeneralisir. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif yang bertujuan memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara utuh dan menyeluruh dalam bentuk kata-kata terhadap suatu fenomena. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, karena penulis ingin mengeksplorasi dan mendeskripsikan bagaimana tahapan dalam sosialisasi pemanfaatana listrik melalui program Eco Lifestyle. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi program Eco Lifestyle PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat. Tahapan pertama, humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat terjadi peningkatan pertumbuhan pelanggan listrik di wilayah operasional Jawa Barat pada tahun 2014 sampai tahun 2020. Sosialisasi program Eco Lifestyle dilaksanakan dengan pendekatan langsung dan melalui media. Media yang digunakan surat kabar, radio dan media sosial. Media sosial yang digunakan yaitu instagram, facebook, dan twitter. Setelah dilaksanakannya sosialisasi program Eco Lifestyle, pada Agustus 2020 terdapat permintaan tambah daya di wilayah Jawa Barat sebanyak 22.443 pelanggan. Meskipun demikian, masih terdapat publik memiliki pola berpikir yang menganggap tarif listrik mahal yang merupakan hambatan dalam pelaksanaan sosialisasi program Eco Lifestyle. Upaya yang dilakukan humas PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengadakan pengalaman mencoba kompor induksi dan edukasi kepada publik. ENGLISH : PT. PLN (Persero), a state-owned company (BUMN) that deals with the electricity aspects in Indonesia. The Eco lifestyle program is a program to support the public to use environmentally friendly electronic equipment, such as induction stoves. This study aims to determine how PT. PLN (Persero) West Java Distribution Main Unit carried out the socialization of the Eco Lifestyle program. This study uses David K. Berlo's SMCRE communication model. The paradigm used in this study is constructivism which aims to interpret the meanings expressed by informants that cannot be generalized. The approach used is qualitative which aims to understand the phenomena experienced by the research subject as a whole and comprehensively in the form of words towards a phenomenon. The method used in this research is descriptive qualitative, because the writer wants to explore and describe the stages in the socialization of electricity utilization through the Eco Lifestyle program. The data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The results and discussion in this study indicate that the socialization activities of the Eco Lifestyle program of PT. PLN (Persero) West Java Distribution Main Unit. The first stage, the public relations of PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat, there was an increase in the growth of electricity customers in the operational area of West Java from 2014 to 2020. Socialization of the Eco Lifestyle program was carried out with a direct approach and through the media. The media used by newspapers, radio and social media. The social media used are Instagram, Facebook and Twitter. After the socialization of the Eco Lifestyle program, in August 2020 there was a demand for additional power in the West Java region, totaling 22,443 customers. Even so, there are still people who have a mindset that considers expensive electricity rates to be an obstacle in the implementation of the socialization of the Eco Lifestyle program. The efforts made by the public relations of PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat to overcome this problem is to hold experiences in trying induction stoves and educate the public.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sosialisasi; model SMCRE |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Nerissa Listiani |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 01:23 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 01:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35771 |
Actions (login required)
View Item |