Strategi manajemen redaksi Harian Umum Jabar Ekspres dalam menghadapi Persaingan Industri Pers di Jawa Barat

Akmaliya, Ismayati (2020) Strategi manajemen redaksi Harian Umum Jabar Ekspres dalam menghadapi Persaingan Industri Pers di Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya faktor yang membuat beberapa media cetak mengalami penurunan adalah salah satunya persaingan di industri pers yang begitu ketat. Persaingan di indusri pers tidak hanya terjadi antara satu media cetak dengan media cetak lainnya, tetapi dengan berbagai jenis media massa yang turut meramaikan persaingan antar media semakin terasa. Maka dari itu penting untuk diketahui strategi manajemen redaksi yang dijalankan oleh media cetak untuk dapat bersaing di industri pers, salah satunya strategi manajemen redaksi yang dijalankan oleh bidang redaksi Harian Umum Jabar Ekspres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen redaksi Harian Umum Jabar Ekspres dapat bertahan di tengah persaingan industri pers di Jawa Barat melalui aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dan paradigma interpretative. Data hasil penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Menggunakan teori agenda setting yang pertama kali diperkenalkan oleh Maxwell E. McCombs dan Donald L asumsi dari teori ini adalah bahwa media mampu memberikan penekanan pada peristiwa tertentu untuk dianggap penting oleh masyarakat. Teori ini digunakan untuk mengetahui peran agenda setting kepada proses pembuatan strategi manajemen redaksi Harian Umum Jabar Ekspres. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pada proses pembuatan strategi manajemen redaksi Harian Umum Jabar Ekspres, dimulai pada tahapan perencanaan dengan menentukan fokus atau topik berita, kemudian bidang redaksi melakukan setting headline, setting isu, setting liputan khusus. Dijelaskan juga teknik menulis berita setting serta terdapat dua jenis rapat redaksi, yaitu rapat budgeting dan rapat mingguan dengan waktu pelaksanaan yang berbeda. Dalam menjalankan tahap pelaksanaan, bidang redaksi Harian Umum Jabar Ekspres mendapatkan perbedaan cara intervensi dari narasumber yang dirasakan langsung oleh redaktur dan wartawan, serta terdapat adanya dampak dari pemberitaan yang diterbitkan, yaitu berupa dampak untuk narasumber ataupun pihak yang terlibat didalam pemberitaan. Adapun pada tahapan evaluasi terdapat usaha bidang redaksi meningkatkan kualitas pemberitaan serta solusi yang disiapkan Harian Umum Jabar Ekspres dalam menghadapi persaingan industri pers. Dengan menjalankan strategi manajemen redaksi tersebut, Harian Umum Jabar Ekspres bisa tetap bersaing dengan media massa lainnya di Jawa Barat dengan tidak mengesampingkan kode etik jurnalistik dan Undang-Undang tentang Pers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Manajemen; Redaksi; Persaingan Industri Pers
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ismayati Akmaliya
Date Deposited: 23 Dec 2020 01:44
Last Modified: 23 Dec 2020 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35856

Actions (login required)

View Item View Item