Nilai-nilai religiousitas dalam film Ramaiya Vastavaiya : Analisis semiotika Roland Barthes pada film Ramaiya Vastavaiya

Amelia, Rika (2020) Nilai-nilai religiousitas dalam film Ramaiya Vastavaiya : Analisis semiotika Roland Barthes pada film Ramaiya Vastavaiya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Film merupakan salah satu media yang efektif dalam penyampaian pesan karena berbentuk audio visual. Setiap film memiliki pesan dan nilai yang terkandung didalamnya, karena film yang baik adalah film yang bukan hanya menayangkan hiburan semata melainkan membawa pesan yang baik bagi penonton. Mengangkat tentang tema sosial, Film Ramaiya Vastavaiya yang dirilis pada 2013 mengandung banyak Nilai-nilai Religious yang berkaitan dengan hubungan sosial. Adegan-adegan dalam film terdapat makna yang tersembunyi dan menarik untuk diketahui. Oleh karena itu tujuan penilitian ini untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitos Nilai-nilai Religiousitas pada Film Ramaiya Vastavaiya karya Prabhu Dheva. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut, maka peneliti menggunakan metode analisis deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan menganalisis film dan menjadikan Nilai-nilai Religious sebagai subjek penelitian. Adapun sumber data penelitian yakni berupa dokumentasi video film dengan menganalisis menggunakan teori Roland Barthes Teori semotika Roland Barthes memfokuskan pada signifikasi dua tahap (Two Order to Signification) yakni denotasi dan konotasi, serta mitos sebagai aspek realita atau gejala alam. Makna denotasi menunjukkan makna realistis. Dan makna konotasi adalah makna yang tersembunyi dan diperlukan analisa tanda-tanda untuk mengetahuinya sedangkan mitos adalah refleksi nilai dari makna denotasi dan konotasi, dengan demikian untuk mengetahui nilai-nilai Religiousitas yang jelas maupun tersembunyi pada film Ramaiya Vastavaiya diperlukan teori untuk menganalisis yakni teori semotika Roland Barthes. Barthes mendefinisikan bahwa bahasa merupakan sistem atau tanda yang mengungkapkan argumen-argumen dari suatu masyarakat tertentu. Makna denotasi pada objek penelitian menampilkan tentang nilai perjuangan cinta karakter Ram untuk mengubah pola pikir strata sosial antara ibunya dan Raghuveer. Makna denotasi adalah nilai-nilai Religious dan kebaikan yang dimunculkan oleh beberapa peran dalam berhubungan sosial antara orang kaya dan miskin. Sedangkan makna mitos adalah adanya latar belakang yang berbeda dan dapat di sikapi dengan nilai-nilai kebaikan untuk mendapatkan ketentraman dan kebahagiaan. Nilai-nilai Religious yang terkandung dalam adegan maupun dialog dalam Film Ramaiya Vastavaiya karya Prabhu Dheva yakni hubungan sosial bukan dilihat dari latar belakang ras, agama, strata sosial, maupun warna kulit. Implementasi nilai-nilai Religious dalam kehidupan sehari-hari demi terwujudnya kemashlahatan yang mampu dirasakan semua orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Film; Religious; Nilai-nilai; Semiotika
Subjects: Religious Experiences
Philosopy and Theory > Semiotics
Public Performances > Motion Pictures, Movies
Public Performances > Film Reviews
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rika Amelia
Date Deposited: 18 Jan 2021 03:50
Last Modified: 18 Jan 2021 03:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36313

Actions (login required)

View Item View Item