Nurjanah, Maya (2020) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin karya ustadz Umar bin Ahmad Baradja dan relevansisnya dengan anak usia MI. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTA ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena merosotnya moral peserta didik, seperti perilakunya yang melanggar norma-norma agama, rasa tenggang rasa yang berkurang, sikapnya yang keras dan anarkis, melakukan tindakan kekerasan di sekolah, rasa hormat kepada orang tua dan guru yang berkurang, budaya mencontek yang sudah menjadi kebiasaan dan hal lainnya yang merupakan masalah-masalah yang harus segera ditanggulangi menjadi sorotan yang terbuka luas di berbagai tulisan media cetak, seperti wawancara dan pembicaraan di media elektronik. Dari kasus tersebut terlihat bahwa nilai-nilai pendidikan karakter anak didik pada jenjang SD/MI mulai merosot, dan itu harus mendapatkan perhatian yang serius serta menjadi tanggungjawab semua pihak sebagai anggota masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin dan Relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dengan anak Usia MI. Penelitian ini didasarkan pada urgensi pendidikan karakter anak yang sebenarnya sudah mendapatkan perhatian dari pemerintah, bahkan para ulama atau ilmuan muslim pun ikut memberikan sumbangsihnya dalam bentuk kitab. Penjelasan materi dalam kitab ini juga banyak dihubungkan dengan pandangan para fiosof, seperti Plato dan Aristoteles, Galen dan lain sebagainya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kepustakaan (library reseach) dimana metode ini merupakan metode yang berkaitan dengan pengumpulan data dengan cara membaca, menelaah, menganalisis dan mengolah data dan lebih menekankan pada pada analisis yang sifanya deskriptif, teoritis, dan filosofis serta pengumpulan datanya tidak mengharuskan peneliti untuk turun ke lapangan. Adapun data primer di ambil dari kitab Al-Akhlak Lil Banin Jilid I, dan pengumpulan datanya dikumpulkan dengan cara mengumpulkan buku-buku yang berhubungan dengan judul penelitian. Dan analisis data di lakukan melalui tiga alur yaitu reduksi data, display data dan conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin ada 8 nilai karakter. Kedelapan nilai itu yaitu nilai religius yang mencakup akhlak kepada Allah dan Rasulullah, nilai jujur, nilai toleransi, nilai disiplin, nilai mandiri, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial yang diuraikan pada akhlak terhadap orang tua, saudara, kerabat, pelayan, tetangga, guru, dan teman, dan yang terakhir yaitu nilai tanggung jawab. Adapun relevansi antara nilai-nilai karakter tersebut dengan anak usia MI yaitu karena anak usia MI merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan nilai karakter baik, dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin dijelaskan tentang nilai-nilai baik yang bisa anak lakukan, sehingga kitab ini sesuai jika diajarkan kepada anak usia MI. Kata kunci: Nilai Karakter, Kitab Al-Akhlak Lil Banin, Anak Usia MI
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter; Kitab Al-Akhlak Lil Banin; Anak Usia MI |
Subjects: | Islam > Sources of Islam Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Maya Nurjanah |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 02:50 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 02:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36517 |
Actions (login required)
View Item |