Intan, Mustika (1132010031) (2017) Manajemen Pengembangan Kurikulum Bahasa di Pondok Pesantren (Penelitian di Pondok Modern Mathla’ul Huda Baleendah Bandung). Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
Abstract
Pesantren sebagai lembaga Islam tertua di Indonesia membutuhkan pengembangan kurikulum yang sejalan dengan visi, misi, dan startegi pembangunan pendidikan nasional agar mampu menghasilkan output dan outcome yang kompetitif ditengah persaingan global. Pondok Modern Mathla’ul Huda yaitu pondok yang memiliki keunggulan dalam bahasa Arab dan Inggris yang wajib dikuasai oleh para santri, dengan demikian dibutuhkan manajemen pengembangan kurikulum bahasa agar tujuan pendidikannya dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan kurikulum bahasa, serta hasil manajemen pengembangan kurikulum bahasa di Pondok Modern Mathla’ul Huda. Manajemen pengembangan kurikulum bahasa adalah suatu proses pengaturan pengembangan kurikulum sesuai dengan prosedurnya, sebagai pedoman atau pegangan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga tujuan pendidikan tercapai secara efektif dan efesien. Prosedur pengembangan kurikulum dapat berdasarkan manajemen diidentifikasi tiga tahapan, yakni tahap merencanakan, melaksanakan dan menilai. Pedekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran deskriftif semata-mata. Hasil manajemen pengembangan kurikulum bahasa maka dapat diperoleh beberapa pengembangan kurikulum bahasa yang dilakukan di Pondok Modern Mathla’ul Huda Baleendah Bandung, yakni: 1) Keterampilan menyimak dipecah menjadi dua keterampilan yakni memahami dan menafsirkan. 2) Penambahan materi pembelajaran, yakni adanya imla’, al-khot, dan bahasa Arab. 3) Metode pembelajaran intensif mengalami pengembangan menjadi Seminggu bahasa Arab dan seminggu bahasa Inggris. Hal tersebut didukung oleh prosedur pengembangan kurikulum bahasa, yakni adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi secara konsisten. Sehingga tercapainya keberhasilan dalam proses pembelajaran, keberhasilan yang didapat oleh santri, keberhasilan lembaga dan keberhasilan lulusannya serta pengurus OSPM dapat membuat mufrodat, uslub yang dijadikan sebagai panduan dalam berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Modern Mathla’ul Huda sehingga santri mampu berbahasa Arab dan Inggris mencapai 100% serta mengalami pengembangan setiap tahunnya sesuai dengan perkembangan zaman serta kebutuhannya. Kata Kunci: Manajemen, Pengembangan Kurikulum Bahasa, Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pengembangan Kurikulum Bahasa, Pondok Pesantren |
Subjects: | Curricula > Curriculum Development General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mahasiswa Intan Mustika Intan |
Date Deposited: | 22 May 2017 01:38 |
Last Modified: | 22 May 2017 01:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/3685 |
Actions (login required)
View Item |