Penerapan surat edaran BI No. 14/33/DPBS Tahun 2013 terhadap jumlah nasabah pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor roda empat pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Bukittinggi.

Rifan Munandar, Aris (2021) Penerapan surat edaran BI No. 14/33/DPBS Tahun 2013 terhadap jumlah nasabah pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor roda empat pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Bukittinggi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy

Abstract

pat Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Bukittinggi. Bank Indonesia mengeluarkan Surat Edaran No.14/33/DPBS Tahun 2013 tentang batasan uang muka 30% terhadap pembiayan kepemilikan kendaraan bermotor. Bank BNI Syariah telah menerapkan aturan tersebut setelah surat edaran dikeluarkan, yang mana setelah surat edaran tersebut dikeluarkan jumlah nasabah pada pembiayaan kendaraan bermotor terkhusus roda empat mengalami penurunana jumlah nasabah, dikarenakan nasabah melihat adanya batasan uang muka yang begitu besar. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan Surat Edaran BI No.14/33/DPbs tahun 2013 tentang uang muka pada pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor roda empat terhadap jumlah nasabah bank BNI Syariah, (2) untuk mengetahui strategi pemasaran bank untuk mengatasi peraturan BI No. 14/33/DPbs tahun 2013 tentang uang muka pada pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor roda empat terhadap minat nasabah (3) dan bagiaman tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penerapan Surat Edaran BI No.14/33/DPbs tahun 2013 tentang uang muka pada pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode yang digunakan metode deskriptif, yaitu metode yang digunakan untuk menggambarkan berbagai gejala dan fakta yang terdapat suatu dalam kehidupan sosial secara mendalam. Selain itu, metode ini juga bertujuan untuk melukiskan dan memahami model kebudayaan suatu masyarakat secara fenomenalogis dan apa adanya dalam konteks satu kesatuan yang integral. Penulis berusaha menggambarkan permasalahan yang terjadi di Bank BNI Syariah cabang Kota Bukittinggi. Hasil penelitian peningkatan uang muka yang ditetapkan oleh Bank Indonesia dengan dikeluarkannya kebijakan Surat Edaran Bank Indonesia No. 14/33/DPBS tahun 2013 dapat mempengaruhi tingkat jumlah nasabah pembiayaan kendaraan bermotor roda empat di Bank BNI Syariah. Stategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank BNI Syariah sudah sangat baik. Bank BNI Syariah bekerja sama dengan dealer-dealer atau pihak leasing, mengikuti pameran-pameran, dan memberikan kemudahan kepada nasabah yang ingin melakukan pembiayaan kendaraan bermotor roda empat dan strategi khususnya memberikan promo kepada nasabah untuk menarik minat nasabah.dan dalam penerapan hukum ekonomi syariah sudah sesuai tetapi ada salah satu syarat yg tidak sesuai yaitu objek jual beli tidak sepenuhnya milik penjual maka dari itu akad jual beli tersebut dianggap tidak sah menurut hukum Islam karena akad tersebut tanpa sepengetahuan dari pihak lembaga pembiayaan leasing yang masih sebagai pemilik resmi objek sepeda motor yang diperjualbelikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: surat edaran Bi No. 14/33/DPBS; pembiayaan; kendaraan bermotor;
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Aris Rifan Munandar
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:34
Last Modified: 22 Feb 2021 06:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/36995

Actions (login required)

View Item View Item