Sapitri, Amelia (2020) Analisis butir soal ujian akhir semester genap mata pelajaran Biologi SMA kelas X dan XI MIA tahun pelajaran 2019/2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
Abstract
Analisis soal memiliki peranan penting dalam mendapatkan kualitas butir soal yang baik untuk dijadikan sebagai alat evaluasi. Namun, fenomena yang terjadi banyak guru yang belum menganalisis kualitas butir soal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas butir soal UAS Biologi kelas X dan XI MIA SMA Negeri 1 Terusan Nunyai berdasarkan analisis teoritis (aspek isi dan konstruksi) dan analisis empiris (aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas distractor). Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini kualitas butir soal UAS Biologi kelas X berdasarkan analisis secara teoritis terdapat 32% kualitasnya baik, 20% sangat baik, 12% sedang, 28% kurang baik, dan 8% kualitasnya tidak baik. Sedangkan pada kelas XI terdapat 52% kualitasnya sangat baik, 36% baik, 4% kurang baik, dan 8% tidak baik. Kualitas butir soal kelas X berdasarkan analisis empiris sebanyak 48% kualitasnya sedang, 20% kualitasnya kurang baik, 16% kualitasnya tidak baik, dan 16% kualitasnya baik. Sedangkan kelas XI terdapat 32% memiliki kualitas yang baik, 24% kurang baik, 20% sedang, 12% sangat baik, dan 12% tidak baik. Level kognitif yang digunakan pada soal kelas X yaitu C1 dan C2 saja, sedangkan kelas XI C1, C2, C3,dan C4. Dapat disimpulkan mayoritas kualitas butir soal UAS Biologi kelas X secara teoritis merupakan soal yang baik dan secara empiris kualitasnya sedang, serta mayoritas kualitas butir soal kelas XI secara teoritis merupakan soal yang sangat baik dan secara empiris kualitasnya baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Empiris; Analisis Teoritis; Daring; Kualitas Soal; UAS |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Amelia Sapitri |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 02:49 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37023 |
Actions (login required)
View Item |