Penerapan model pembelajaran Exo Olo Task untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Elastisitas zat padat

Fariha, Disah Nurul (2020) Penerapan model pembelajaran Exo Olo Task untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Elastisitas zat padat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik di abad 21 dan harus dilatihkan kepada peserta didik. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Exo Olo Task. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Exo Olo Task dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Exo Olo Task pada materi elastisitas zat padat. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Exo Olo Task berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 98% dan peserta didik sebesar 92%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 49,56 dan nilai ttabel sebesar 2,042 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Exo Olo Task dengan nilai N-gain sebesar 0,84 pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan model; Exo Olo Task; keterampilan berpikir kritis; elastisitas zat padat;
Subjects: Education, Research
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Disah Nurul Fariha
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:10
Last Modified: 15 Feb 2021 02:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37035

Actions (login required)

View Item View Item