Fariha, Disah Nurul (2020) Penerapan model pembelajaran Exo Olo Task untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Elastisitas zat padat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab I.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik di abad 21 dan harus dilatihkan kepada peserta didik. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Exo Olo Task. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Exo Olo Task dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Exo Olo Task pada materi elastisitas zat padat. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Lemahabang Kabupaten Cirebon dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Exo Olo Task berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 98% dan peserta didik sebesar 92%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 49,56 dan nilai ttabel sebesar 2,042 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Exo Olo Task dengan nilai N-gain sebesar 0,84 pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan model; Exo Olo Task; keterampilan berpikir kritis; elastisitas zat padat; |
Subjects: | Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Disah Nurul Fariha |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 02:10 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 02:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37035 |
Actions (login required)
View Item |