Marcelina, Fenny (2021) Penerapan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam materi gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (788kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas X setelah mahasiswa calon guru mengimplementasikan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan menggunakan CoRe and PaP-eRs. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen, dengan design Nonequivalent Control Group. Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIA.4 dan X MIA.5 SMAN 1 Rancaekek Bandung dengan jumlah masing-masing 26 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan AABTLT with SAS, dan soal hasil belajar kognitif. Teknis analisis data menggunakan perhitungan lembar AABTLT with SAS peserta didik dan dengan presentase capaian keterlaksanaan pembelajaran N-Gain dan uji t independen sampel test. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah mahasiswa calon guru mengimplementasikan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan menggunakan CoRe and PaP-eRs, selama tiga pertemuan presentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 70% dengan interpretasi efektif dan pembelajaran konvensional sebesar 67% dengan interpretasi efektif. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,67% dengan kategori sedang dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,57% dengan kategori sedang. Uji hipotesis menggunakan uji t, hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data Posttest kelas eksperimen dan kontrol memiliki nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang menerapkan pembelajaran PCK dibandingan dengan pembelajaran konvensional pada materi gerak lurus di kelas X MIA SMAN 1 Rancaekek
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pedagogical Content Knowledge (PCK); CoRe and PaP-eR:hasil belajar kognitif: gerak lurus |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fenny Marcelina |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 06:05 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 06:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37379 |
Actions (login required)
View Item |