Pemberdayaan perempuan melalui komunitas Muslimah BAPER (Bawa Perubahan) : Studi terhadap program mengubah caci menjadi aksi pada komunitas Muslimah bawa perubahan di Margahayu Permai Kopo

Ariyani, Risti (2020) Pemberdayaan perempuan melalui komunitas Muslimah BAPER (Bawa Perubahan) : Studi terhadap program mengubah caci menjadi aksi pada komunitas Muslimah bawa perubahan di Margahayu Permai Kopo. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Komunitas Muslimah BAPER (Bawa Perubahan), merupakan sebuah Komunitas yang setiap anggotanya disatukan oleh visi dan misi serta tujuan. Dan Komunitas ini digunakan untuk penyebaran agama atau komunitas ini bergerak dalam sebuah gerakan pemberdayaan perempuan melalui pendidikan Islam. Tidak hanya melaui pendidikan Islam saja, Komunitas ini bergerak di bidang sosial. Kehadiran Komunitas Muslimah Bawa Perubahan ini sangat berperan dalam menyemangati keagamaan untuk para Muslimah, terutama pengajaran dalam hal keagamaan yang sifatnya mampu menjadikan seorang Muslimah yang benar-benar bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. Tujuan pokok permasalahan ini adalah untuk mengetahui konsep pemberdayaan yang dilakukan Komunitas Muslimah Bawa Perubahan, setelah mengetahui konsepnya Komunitas Muslimah Bawa Perubahan ini membuat bentuk-bentuk pemberdayaan perempuan atau kegiatan apa saja yang akan diagendakan dan dilaksanakan oleh para anggota Muslimah Bawa Perubahan sebagai kegiatan positif untuk para Muslimah yang diagendakan setiap Minggu, Bulan, dan Tahunnya. Teori Mobilisasi Sumber daya menurut Chanel secara garis besar ialah gerakan sosial yang terdiri dari individu-individu untuk menjadi seoarang atau organisasi yang berdaya memiliki power selain uang yaitu ilmu (knowledge) maka kumpulan individu tersebut mempunyai peranan yang penting. Kumpulan individu tersebut akan memberikan kekuatan, kekuatan itu menjadi power dalam masyarakat. Asumsi dari teori ini adalah gerakan sosial dapat berkembang ketika individu yang merasa tidak puas tersebut mampu untuk mengerahkan sumber daya atau mobilisasi sumber daya ini adalah menawarkan penjelasan mengapa sekelompok individu yang tidak puas mampu mengorganisasi suatu gerakan sedangkan yang lain tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendiskrifsikan, menganalisis dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi dilapangan. Kemudian data ini dihasilkan dari pengumpulan data primer, data primer ini didapatkan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu dilengkapi data sekunder yang berupa referensi dalam bentuk buku, artikel, atau jurnal yang relevan dengan tema penelitian untuk mendukung data dilapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan perempuan yang dilakukan ole Komunitas Muslimah Bawa Perubahan membawa dampak yang cukup baik dan positif terhadap para jama’ah atau para Muslimah yang tergabung di dalam Komunitas Muslimah Bawa Perubahan, dari segi perilaku, keyakinan, dan ketaatan para Muslimah sudah berubah ke arah yang lebih baik. Meskipun hijrah itu tidaklah instan, memerlukan sebuah proses yang cukup panjang, dan butuh suport, akan tetapi jika ada niatan dan ikhlas melakukannya akan menjadi sebuah kekuatan tersendiri untuk melakukan perubahan, seperti dengan mengikuti kegiatan positif yang di lakukan oleh Komunitas Muslimah Bawa Perubahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Keagamaan; Muslim
Subjects: Islam
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Risti Ariyani
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:50
Last Modified: 03 Mar 2021 01:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37417

Actions (login required)

View Item View Item