Nopradhina, Annisa Pangestika (2020) Pengaruh manajemen pembiayaan terhadap kesejahteraan guru di Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukatani Kota Depok. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (340kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (653kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen pembiayaan merupakan salah satu unsur terpenting dalam lembaga pendidikan karena berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan madrasah. Masalah yang timbul dalam manajemen pembiayaan adalah pembiayaan belum dikelola dengan baik sehingga masih banyak guru yang kurang mendapatkan kesejahterannya. Oleh karena itu, sebagai pengelola manajemen pembiayaan pihak madrasah dituntut untuk lebih optimal dan memperhatikan manajemen pembiayaan dan meningkatkan kesejahteraan guru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) manajemen pembiayaan di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukatani Kota Depok; 2) kesejahteraan guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukatani Kota Depok; 3) pengaruh antara manajemen pembiayaan terhadap kesejahteraan guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukatani Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif verifikatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket (kuesioner). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen penelitian (validitas dan reliabilitas), uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas, regregi linear sederhana, uji T dan koefisien determinasi. Penelitian ini memiliki kerangka berfikir yang dimana manajemen pembiayaan memiliki empat indikator diantaranya perencanaan pembiayaan, pelaksanaan pembiayaan, pengawasan pembiayaan, dan pertanggungjawaban pembiayaan. Sedangkan kesejahteraan guru memiliki tiga indikator diantaranya memahami hak yang harus diterima, penghasilan tambahan, dan kesesuian hak yang diterima. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) realitas manajemen pembiayaan di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukatani Kota Depok berada pada kategori sedang dari hasil penilaian dari 33 responden yaitu sebesar 57%. 2) realitas kesejahteraan guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukatani Kota Depok berada pada kategori sedang dari hasil penilaian 33 responden yaitu sebesar 85%. 3) serta terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel x (manajemen pembiayaan) terhadap variabel y (kesejahteraan guru) dari hasil uji T menunjukkan bahwa nilai Thitung (3,300) > Ttabel (2,042), yang artinya H0 ditolak. Lalu hasil dari uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai konstanta (a) sebesar 36,240, nilai koefisien regresi (b) yaitu 0,510. Serta nilai R Square yaitu 0,260 dan dipersenkan hasilnya 26,0% sehingga kesejahteraan guru dipengaruhi oleh manajemen pembiayaan, dan sebesar 74,0% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Dengan demikian, diharapkan manajemen pembiayaan di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Sukatani Kota Depok dapat dipertahankan dan ditingkatkan menjadi lebih baik guna meningkatkan kesejahteraan guru di madrasah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembiayaan; Kesejahteraan Guru |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | annisa nopradhina pangestika |
Date Deposited: | 16 Mar 2021 07:10 |
Last Modified: | 16 Mar 2021 07:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37769 |
Actions (login required)
View Item |