Azzahra, Fathimah (2021) Analisis tipe kesalahan siswa berdasarkan Newman's Error Analysis (NEA) ditinjau dari kemampuan koneksi matematis: Penelitian kualitatif di SMPN 1 Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (668kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dalam materi persamaan garis lurus, tipe kesalahan siswa berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) ditinjau dari kemampuan koneksi matematis, mengetahui faktor-faktor penyebab, serta cara mengatasinya. Pendekatan pada penelitian ini kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Pelaksanaan tes diikuti oleh 32 siswa dari kelas VIII pada salah satu SMP di Sumedang. Hasil analisis diperoleh bahwa tipe kesalahan berdasarkan NEA yaitu kesalahan memahami masalah dengan persentase 24%, kesalahan transformasi masalah dengan persentase 13%, kesalahan keterampilan proses dengan persentase 23%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dengan persentase 40%. Setelah diambil 7 subjek penelitian dari kategori tinggi, sedang, dan rendah maka tipe kesalahan berdasarkan NEA yaitu kesalahan penulisan jawaban akhir (Encoding) dengan persentase 40%, kesalahan memahami masalah (Comprehension) dengan persentase 21%, kesalahan keterampilan proses (Process skill) dengan persentase 18%, kesalahan transformasi masalah (Transformation) dengan persentase 16%, dan kesalahan membaca masalah (Reading) dengan persentase 5%. Terdapat beberapa penyebab siswa melakukan kesalahan berdasarkan NEA diantaranya adanya ketidakbiasaan menuliskan rumus yang akan digunakan. Serta terdapat beberapa cara untuk mengatasinya yakni membiasakan mengerjakan latihan soal berbentuk cerita dan membiasakan untuk menuliskan rumus yang akan digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Tipe Kesalahan; Newman’s Error Analysis (NEA); Kemampuan Koneksi Matematis; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fathimah Azzahra |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 05:05 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 05:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37923 |
Actions (login required)
View Item |