Latifah, Syifa (2021) Pengaruh pola asuh otoriter terhadap Self-Regulated Learning melalui kedisiplinan sebagai mediator. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstark.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
Abstract
Pola asuh otoriter seringkali dianggap sebagai pola asuh yang bisa mengganggu perkembangan anak. Beberapa penelitian menunjukan hasil yang tidak konsisten mengenai pola asuh otoriter berdampak positif atau tidak terhadap perkembangan anak, salah satunya yaitu terhadap pembentukan self-regulated learning. Hal tersebut memungkan bisa berubah dengan adanya variabel mediator, dalam hal ini yang dijadikan variabel mediator adalah kedisiplinan sebagai bentuk dari dampak positif yang dapat tertanam dalam diri siswa. Kedisiplin juga dapat membnatu siswa dalam proses belajarnya, dimana hal itu juga berkaitan dengan self-regulated learning. .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pola asuh otoriter terhadap self-regulated learningmelalui kedisiplinan sebagai mediator. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari skala Parental Authority Questionnaire (PAQ) untuk mengukur pola asuh otoriter, skala kedisiplinan untuk mengukur kedisiplinan, dan skala Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) untuk mengukur self-regulated learning. Subjek yang diteliti adalah siswa SMP Al Ma’soem yang berjumlah 283orang. Teknik analisis data menggunakan analisis mediator dengan process dari hayes . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif pola asuh otoriter terhadap self-regulated learning melalui kedisiplinan. Selain itu hasil uji efek mediasi sebesar .3017 dengan nilai BCa CI 0.055-0.588 ≠ 0, artinya kedisiplinan mampu memediasi pola asuh otoriter terhadap self-regulated learning, bahkan kedisiplinan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap self-regulated learning yaitu sebesar 33.3%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Otoriter; Kedisiplinan; Self-Regulated Learning |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Individual Psychology, Characters Applied Psychology > Systems and Schools of Applied Psychology Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Syifa Latifah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 02:45 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 02:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38118 |
Actions (login required)
View Item |