Maulinda, Dinda (2021) Penyajian berita dalam media online: Studi kasus pada Penggunaan infografis Republika online. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (782kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi memiliki pengaruh terhadap semua aspek kehidupan termasuk media. Supaya tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi ini, media harus mempunyai cara agar tetap menarik bagi para pembacanya salah satunya adalah dengan menggunakan infografis sebagai daya tarik. Maka dari itu, peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian mengenai penggunaan infografis sebagai upaya pendekatan Republika Online dalam penyajian berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran infografis dalam menarik minat baca, proses pengemasan infografis dan peran infografis terhadap jumlah pembaca Republika Online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan melakukan pengamatan, pengumpulan data dan analisis informasi yang menghasilkan pemahaman yang mendalam mengenai objek yang diteliti.Teori yang digunakan merupakan ekologi media yang dikemukakan oleh Marshall McLuhan yang menjelaskan tentang bagaimana media dan proses komunikasi dapat mengubah persepsi dan emosi manusia melalui teknologi media. Didapatkan hasil dari penelitian ini adalah penggunaan infografis memiliki peran dalam menarik minat baca masyarakat karena berbentuk visual yang memadukan informasi dengan grafis yang sesuai sehingga orang akan lebih tertarik dan memudahkan masyarakat mencerna informasi yang kompleks dengan waktu yang cepat. Proses pengemasan infografis seperti pemilihan isu, konsep dan grafis yang relevan menjadi kunci dalam menarik minat masyarakat. Dan yang terakhir, infografis berperan dalam menarik jumlah pembaca Republika Online secara pelan namun berkala.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Bab 4 tidak bs dibuka |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan;Infografis;Republika Online |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Dinda Maulinda |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 00:51 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 00:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38136 |
Actions (login required)
View Item |