Sadiah, Dita Halifatus (2021) Pandangan followers dalam pemanfaatan fitur Swipe Up pada Instagram @kumparancom : Studi kualitatif mahasiswa jurnalistik 2016 UIN SGD Bandung followers akun instagram @kumparancom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
Abstract
Saat ini manusia sudah bergantung dengan segala sesuatu yang bersifat instan, begitupun dalam memperoleh kebutuhan informasi berita.Fitur Swipe Updalam media sosial instagram menjadi salah satu inovasi yang dipilihnya.Kecepatan serta kemudahan dalam mengakses berita yang ditawarkan dalam fitur ini dipandang memiliki konsep yang sejalan dengan minat masyarakat saat ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk pandangan followers @kumparancom dalam pemanfaatan fitur Swipe Up guna pemenuhan informasi beritayang secara lebih rinci dilihat dari aspek intensitas pemenuhan informasi, kualifikasi berita yang sering diakses, serta sikap pengadopsian fitur Swipe Up sebagai suatu inovasi. Penelitian ini menggunakan teori Difusi Inovasi, karena teori ini membahas tentang bagaimana suatu inovasi yang disalurkan melalui saluran tertentu (media massa) dapat diadaptasi atau diterima oleh masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan alasan, penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan atau memaparkan sebuah pandangan dari hasil penelitian yang sesuai dengan fakta-fakta serta realita yang ada mengenai pemenuhan informasi berita melalui fitur Swipe Up. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemanfaatan fitur Swipe Up sebagai media distribusi informasi berita oleh media online Kumparan.com, dapat memenehui kebetuhan informasi berita harian bagi followers atau pengikutnya. Secara garis besar pemilihan sajian informasi yang menarik dalam fitur Swipe Up membuat followers tergugah dan memenuhi kebetuhan informasi berita melalui fitur Swipe Up pada akun instagram @kumparancom dengan intensitas yang cukup tinggi. Bahkan setelah menerima penggunaan fitur Swipe Upfollowers juga ikut mengembangkan jaringan penggunaan fitur Swipe Up kepada orang terdekat serta masyarakat sekitar untuk pemenuhan informasi berita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Swipe Up; @kumparancom; Followers; Difusi Inovasi |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Data Processing, Computer Science > Computer Communications Networks Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Dita Halifatus Sadiah |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 03:14 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 03:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38139 |
Actions (login required)
View Item |