Yulinar, Vinna Aulia (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Discovery Learning pada materi jaringan hewan. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan setiap pembelajaran, Untuk mencapai tujuan pembelajaran diperlukan pesiapan perangkat pembelajaran yang tepat. Dari hasil observasi di sekolah diketahui bahwa media pembelajan berupa lembar keja peserta didik belum membuat seluruh peserta didik berperan dalam pembelajaran. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan melatih kemampuan berpikir dalam pembelajaran melalui penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap pengembangan, analisis kelayakan LKPD, dan analisis respon peserta didik terhadap lembar keja peserta didik yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang dibatasi hanya 3-D dengan tahapan define, design, dan develop. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli, materi, guru mata pelajaran biologi, dan 15 orang siswa kelas XI MIPA 2. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan LKPD yang dikembangkan layak dengan nilai 3,8 dan valid dengan nilai persentase 73,98%. Respon peserta didik terhadap proses pembelajaran sangat positif dengan nilai persentase 90,5%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu LKPD berbasis Discovery Learning yang dikembangkan layak dan valid digunakan sebagai media pembelajaran secara mandiri dan penggunaan LKPD berbasis Discovery Learning diterima dengan baik oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan ajar; Media Pembelajaran; Pendekatan ilmiah |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Vinna Aulia Yulinar |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 02:24 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38362 |
Actions (login required)
View Item |