Penyerapan anggaran belanja langsung pada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Bekasi 2018

Nurpadilah, Wahid Azi (2020) Penyerapan anggaran belanja langsung pada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Bekasi 2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Setiap pemerintah daerah memiliki kebutuhannya masing-masing dalam mengurus daerahnya. Kebutuhan tersebut diantaranya ialah kebutuhan akan belanja pemerintahan. Jenis-jenis belanja pemerintah daerah bermacam-macam, salah satunya ialah belanja langsung. Belanja langsung merupakan belanja yang dianggarkan terkait secara langsung dengan program dan kegiatan. Penelitian ini dilandasi adanya fenomena tentang rendahnya realisasi anggaran pada belanja langsung Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Bekasi pada tahun 2018. Sehubungan dengan fenomena tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan belanja langsung serta akar penyebab terjadinya realisasi anggaran yang rendah pada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Bekasi tahun anggaran 2018 studi pada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Bekasi melalui dimensi yang dikemukakan oleh Abdul Halim. Dalam penelitian ini mengacu pada teori penyerapan anggaran menurut Abdul Halim untuk mengetahui bagaimana pengelolaan, permasalahan serta solusi atau upaya dalam penyerapan anggaran belanja langsung Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Bekasi yang dapat di lihat dari 3 dimensi yaitu, faktor pendukung, faktor penghambat, dan upaya meminimalisir hambatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari dokumen dan informan. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Hubberman yang meliputi, Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi). Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa penyerapan anggaran belanja langsung pada Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Bekasi telah dijalankan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Namun karena adanya hambatan-hambatan yang terjadi secara internal, menyebabkan program dan kegiatan Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kota Bekasi menjadi tak teratur dikarenakan skala prioritas, sehingga penyerapan anggaran belanja langsung sulit untuk direalisasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Belanja Langsung; Anggaran; Skala Prioritas
Subjects: General Management > Budgeting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Wahid Azi Nurpadilah
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:13
Last Modified: 31 Mar 2021 03:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38464

Actions (login required)

View Item View Item