Aini, Syarah (2018) Penerapan Model Learning Cycle untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas III MI Matla’ul Atfal Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang dari penelitian ini disebabkan adanya temuan masalah yang terjadi di kelas III MI Matla’ul Atfal Kota Bandung, terdapat beberapa masalah mengenai rendahnya kemampuan literasi metematika siswa seperti, belum memahami konsep matematika dan hanya menghafal rumus-rumus saja, membaca sebuah soal cerita (data) yang akan diterjemahkan dalam model matematis, mengidentifikasi sebuah permasalahan serta memilih strategi yang harus digunakan saat menyelesaikan sebuah permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan literasi metematika siswa sebelum menggunakan model Learning Cycle 5E. Proses Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 5E. Kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan model Learning Cycle 5E. Model Pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran bersiklus yang berpusat pada siswa (student center) yang merupakan rancangan dari rangkaian tahapan-tahapan kegiatan (fase) yang diorganisasikan sehingga siswa mampu mencapai kompetensi-kompetensi dan menekankan akan pentingnya mengembangkan pengetahuan yang dimilki melalui pembelajan aktif.. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan datanya berupa lembar observasi guru dan siswa, serta tes objektif. Siswa yang dijadikan subjek penelitian pada kali ini adalah siswa kelas III MI Matla’ul Atfal Kota Bandung yang berjumlah 18 orang. Berdasarkan hasil penerapan model Learning Cycle 5E terlihat adanya peningkatan baik dalam aktivitas guru dan siswa maupun kemampuan literasi matematika siswa. Hasil aktivitas guru dan siswa masing-masing pada siklus 1 tindakan I memperoleh 88% dan 60%, lalu pada tindakan II memperoleh hasil 94% dan 71% selanjutnya pada siklus II tindakan I masing-masing memperoleh 100% dan 79%, lalu pada tindakan II masing-masing memperoleh hasil 100% dan 86%. Sementara itu, kemampuan literasi matematika siswa sebelum menggunakan model Learning Cycle 5E hanya memperoleh nilai rata-rata 47 (sangat kurang), pada siklus I tindakan I meningkat dengan memperoleh hasil 64 (kurang), pada siklus I tindakan II meningkat dengan hasil 76 (cukup baik), selanjutnya pada siklus II tindakan I mengalami peningkatan dengan hasil 79 (baik) dan tindakan II memperoleh hasil cukup memuaskan yaitu 81(baik). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Learning Cycle 5E dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dan kemampuan literasi matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan literasi matematika: Literasi matematika: Learning Cycle: |
Subjects: | Education Applied mathematics Applied mathematics > Probabilities Applied mathematics > Game Theory Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syarah Aini |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 01:06 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 01:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38580 |
Actions (login required)
View Item |