Fauziah, Illa Rahmah (2021) Profil hasil belajar siswa berdasarkan perbedaan jenis kelamin pada materi sistem pencernaan manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan siswa perempuan pada materi sistem pencernaan manusia dan menganalisis kendala siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menjawab soal materi sistem pencernaan manusia. Jenis penelitian ini yaitu penelitian desktiptif metode survey tipe cross-sectional survey design. Sampel penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 123 siswa, yang terdiri dari 61 siswa laki-laki dan 62 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan siswa perempuan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh, pada siswa laki-laki memperoleh nilai rata-rata mean 37,45, sedangkan pada siswa perempuan memperoleh nilai rata-rata mean 50,73. Berdasarkan tes hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan memiliki kemampuan yang berebda pada setiap indikator, pada siswa laki-laki nilai tertinggi pada tipe C1 sebanyak 46,7, dan nilai terendah pada C6 sebanyak 18,3, sedangkan pada siswa perempuan nilai tertinggi sebanyak 64,29 dan nilai terendah sebanyak 38,1. Kendala siswa laki-laki dalam menjawab soal materi sistem pencernaan manusia memperoleh nilai persentase pada siswa laki-laki 69,39% dan siswa perempuan 73%, keseluruhan siswa merasa ketidaknyamanan dan rumit dalam menjawab soal secara online, tidak dapat menyelesaikan soal dan menganggap materi sistem pencernaan sulit dipahami. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan jenis kelamin pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII. Nilai hasil belajar siswa lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar ; Jenis Kelamin ; Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Illa Rahmah Fauziah |
Date Deposited: | 09 Apr 2021 03:15 |
Last Modified: | 09 Apr 2021 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38658 |
Actions (login required)
View Item |