Salma, Putri Nadia Aula (2021) Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui kegiatan bermain apotek hidup: Penelitian tindakan kelas di Kelompok A PAUD Al Masduki Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan adanya permasalahan di PAUD Al Masduki yaitu rendahnya kecerdasan naturalis anak terbukti dengan kurangnya kepekaan anak terhadap alam. Permasalahan ini terjadi karena kurang dikembangkannya kecerdasan naturalis dan kurang tepatnya teknik dan metode pembelajaran sehingga tidak merangsang anak untuk mencintai lingkungan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kecerdasan naturalis anak sebelum diterapkan kegiatan bermain apotik hidup. 2) Penerapan kegiatan bermain apotik hidup dalam meningkatkan kecerdasan naturalis anak pada setiap siklus. 3) Kecerdasan naturalis anak setelah diterapkan kegiatan bermain apotik hidup pada setiap siklus di Kelas A PAUD Al Masduki Garut. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teori Johan Heindrick Pestalozzi yang menyatakan bahwa pembelajaran harus sejalan dengan alam, selain itu belajar juga berdasarkan pada kesan yang didapat panca indera, serta melalui pengalamannya potensi yang dimiliki anak dapat dikembangkan. (The Great Deductic William Boyd, 1959: 325) Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas A yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan unjuk kerja. Hasil penelitian menunjukkan; 1) kecerdasan naturalis anak sebelum diterapkan kegiatan bermain apotek hidup memperoleh nilai rata-rata 35 dengan kriteria kurang sekali. 2) setelah dilaksanakan proses pembelajaran melalui kegiatan bermain apotek hidup, aktivitas guru dan aktivitas anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan aktivitas guru pada siklus I yaitu sebesar 73,07% dengan kriteria baik. Pada siklus II persentase keterlaksanaan aktivitas guru mencapai rata-rata 96,15% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 65,08% dengan kriteria cukup. Pada siklus II persentase aktivitas anak mencapai 86,67% dengan kriteria sangat baik. Dengan kategori perkembangan (BSB) Berkembang Sangat Baik. Dan 3) kecerdasan naturalis anak setelah diterapkan kegiatan bermain apotek hidup mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I nilai rata-rata mencapai 48,28 dengan kategori (MB) Mulai Berkembang dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 79,46 dengan kategori (BSB) Berkembang Sangat Baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, artinya kegiatan bermain apotek hidup dapat meningkatkan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan naturalis; apotek hidup; pendidikan anak |
Subjects: | Education Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Putri Nadia Aula Salma |
Date Deposited: | 04 May 2021 07:33 |
Last Modified: | 04 May 2021 08:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39166 |
Actions (login required)
View Item |