Alwiani, Revi (2021) Tanggapan siswa terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media belajar daring hubungannya dengan motivasi belajar PAI dan budi pekerti : Penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Situraja Sumedang. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa di SMPN 1 Situraja menggunakan WhatsApp sebagai media belajar daring (dalam jaringan) selama pandemi Covid-19, guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Secara garis besar, penggunaan media WhatsApp ini berjalan dengan baik dan siswa mengikutinya dengan baik pula. Maka dari itu penulis tertarik untuk meneliti mengenai tanggapan siswa terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media belajar daring ini hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada bidang studi PAI dan Budi Pekerti. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Tanggapan siswa kelas VIII SMPN 1 Situraja terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media belajar daring (2) Motivasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 1 Situraja pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti (3) Hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media belajar daring dengan motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti (penelitian pada siswa kelas VIII SMPN 1 Situraja). Adanya tanggapan siswa terhadap suatu rangsangan mempengaruhi motivasi belajar siswa tersebut, maka munculah motivasi dalam dirinya untuk belajar. Maka dari itu, penelitian ini mengacu pada kerangka berpikir, jika tanggapan siswa terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media belajar daring tinggi maka motivasi belajar mereka pun tinggi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Metode ini digunakan agar dapat menentukan hubungan antara kedua variabel dengan membandingkan hasil pengukuran kedua variabel tersebut. Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik angket dan studi dokumentasi. Berdasar pada hasil analisis data diperoleh simpulan : (1) Realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media belajar daring (variabel X), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 4,35 yang termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. (2) Realitas Motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa (variabel Y), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 4,40 yang termasuk ke dalam kategori sangat tinggi. (3) Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan WhatsApp sebagai media belajar daring dengan Motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti mereka, memperoleh angka koefisien 0,5675 yang berada dalam rentang interval 0,40 – 0,70 yang berarti hubungan tersebut termasuk dalam kategori sedang atau cukup. Hasil pengujian hipotesis memperoleh t hitung (3,722) > t tabel (2,042) yang dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil koefisien korelasi memperoleh kadar pengaruh yakni sebesar 32,2% yang artinya terdapat 67,8% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggapan; WhatsApp; Motivasi Belajar; PAI dan Budi Pekerti; Siswa; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Revi Alwiani |
Date Deposited: | 21 May 2021 04:20 |
Last Modified: | 21 May 2021 04:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39334 |
Actions (login required)
View Item |