Sari, Ratna (2020) Pola interaksi sosial siswa dalam proses pembelajaran menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting: Penelitian tentang perilaku siswa pengguna aplikasi Zoom Cloud Meeting di Desa Mekarwangi-Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan siswa dan guru yang mengalami hambatan dalam proses pembelajaran akibat adanya pandemi covid-19. Sehingga, timbul gagasan berupa pembelajaran secara daring/ online yang diterapkan oleh setiap sekolah selama pandemi berlangsung khususnya di Desa Mekarwangi- Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menganalisis mengenai bentuk interaksi dan perilaku siswa di Desa Mekarwangi selama proses pembelajaran menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting, serta untuk memaparkan hasil yang dicapai terhadap interaksi perilaku siswa di Desa Mekarwangi selama proses pembelajaran menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meeting di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Interaksi Sosial Gorge Simmel yang menyatakan bahwa interaksi sosial merupakan awal dari kehidupan manusia yang terdiri atas bentuk-bentuk hubungan sosial dan interaksi antar individu. Dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan mengenai pola interaksi social selama proses pembelajaran secara daring/ online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dari masyarakat khususnya masyarakat yang menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di Desa Mekarwangi- Bekasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan interpretasi atau pengambilan keputusan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa selama pembelajaran secara daring menjadikan interaksi social siswa berkesan kurang baik, karena adanya rasa kecewa yang belum bisa bertemu temannya secara langsung. Selama pembelajaran daring siswa mengalami proses imitasi yang menjadi pendorong siswa untuk mematuhi kaidah dan nilai yang sudah berlaku. Namun, pada imitasi juga menyebabkan hal negatif yaitu seperti adanya tindakan menyimpang yang ditiru. Kemudian sugesti dalam interaksi melalui zoom adalah ketika Guru memberikan pendapatnya di sela-sela pembelajaran, yang membuat siswa menerima pendapatnya secara autodidak. Selain itu pada identifikasi, terlihat dari adanya keinginan siswa menjadi lebih baik. Sedangkan proses simpati, dapat dilihat dari adanya kepedulian antarsiswa dalam hal mengisi absensi. Pada akhirnya hasil yang dicapai adalah siswa dapat beradaptasi dan mulai terbiasa mejalani pembelajaran secara daring, proses asosiatif itu berupa kerja sama mengerjakan tugas. Kemudian Proses disosiatifnya yaitu adanya persaingan, namun persaingan tersebut terjadi tanpa melakukan kekerasan dalam berbahasa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi; Sosial; Siswa; Aplikasi; Zoom; Cloud; Meeting; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Factors Affecting Social Behaviour |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Ratna Sari |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 22:51 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 22:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39791 |
Actions (login required)
View Item |