Mansah ARH, Haris (2021) Implementasi Penilaian Akhir Semester (PAS) secara daring menggunakan LMS Candy E-Learning sebagai adaptasi evaluasi pembelajaran masa pandemi : Studi kasus di SMA Negeri 1 Rancah Kab. Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (174kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) | Request a copy |
Abstract
Penilaian Akhir Semester merupakan salah satu penilaian yang biasanya dilakukan secara luring di sekolah. Namun sejak adanya pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap proses pendidikan, segala bentuk kegiatan diganti dengan daring, sehingga sekolah dituntut beradaptasi dan Penilaian Akhir Semester yang tetap harus dilaksanakan. Berdasarkan studi pendahuluan, SMAN 1 Rancah menggunakan LMS Candy E-Learning dalam menyelenggarakan penilaian akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perencanaan Penilaian Akhir Semester secara daring melalui LMS di SMAN 1 Rancah; 2) Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester secara daring melalui LMS di SMAN 1 Rancah; 3) Evaluasi Penilaian Akhir Semester secara daring melalui LMS di SMAN 1 Rancah: 4) Faktor pendukung dan penghambat Penilaian Akhir Semester secara daring melalui LMS di SMAN 1 Rancah. Penilaian Akhir Semester adalah proses mengumpulkan data berupa pengukuran capaian kompetensi hasil belajar peserta didik di penghujung semester dalam suatu jenjang pendidikan. Perencanaan terdiri dari penetapan tujuan, perumusan keadaan, mengidentifikasi kekuatan dan hambatan, dan pengembangan rencana. LMS Candy E-Learning adalah sistem aplikasi perangkat lunak yang dipakai dalam kegiatan proses pembelajaran yang terdiri dari administrasi, dokumentasi pelaporan dan pembagian materi secara daring melalui internet berbasis web. Pelaksanaan PAS melalui tahapan penetapan KKM, penyusunan kisi-kisi, pembuatan instrumen, melakukan analisis instrumen, melakukan penilaian, pengolahan, pelaporan, dan memanfaatkan laporan hasil penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PAS daring direncanakan dengan tujuan evaluasi pembelajaran dan mengukur pemahaman siswa, dengan pertimbangan adanya pandemi Covid-19, kesiapan siswa, sarana prasarana, kuota subsidi dan mengikuti sekolah lain; 2) Pelaksanaan PAS terdiri dari penetapan KKM, penyusunan kisi-kisi, pembuatan instrumen, analisis kualitas instrumen, penilaian, pengolahan, pelaporan dan pemanfaatan hasil penilaian; 3) Evaluasi PAS mengkaji tiga komponen yaitu masukan, proses dan hasil; 4) Faktor pendukung PAS diantaranya kesiapan siswa, sarana prasarana, sumber daya guru, dukungan motivasi warga sekolah, komitmen guru. Faktor penghambat PAS yaitu koneksi internet, pandemi Covid-19, guru kolot, server pihak ketiga yang berat, dan kedisiplinan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Akhir Semester; Daring; LMS Candy E-Learning |
Subjects: | Education Education > General Publications of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khoridatul Bahiyyah |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:40 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 09:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40112 |
Actions (login required)
View Item |