Isdayanti, Rani Oktafiani (2020) Profil hasil belajar siswa berdasarkan jenis kelamin pada materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan siswa perempuan pada materi struktur dan fungsi tumbuhan dan menganalisis kendala siswa dalam menjawab soal materi struktur dan fungsi tumbuhan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif metode survey tipe cross-sectional survey design. Sampel penelitian ini siswa kelas VIII dari empat kelas dengan jumlah 127 siswa yang terdiri dari 54 siswa laki-laki dan 73 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa laki-laki dan perempuan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata mean siswa laki-laki 48,80 sedangkan perempuan 63,01 dan modus siswa laki-laki 50 sedangkan perempuan 55. Berdasarkan tes hasil belajar siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki kemampuan yang sama pada tipe soal C2 yaitu ranah memahami, siswa laki-laki memiliki kelemahan pada tipe soal menganalisis atau C4 yaitu hanya sekitar 31% yang dapat menjawab soal tersebut. Siswa laki-laki memiliki kemampuan baik pada indikator C3 ranah mengaplikasikan dan C2 sekitar 64% dan 63% siswa laki-laki mampu menjawab tipe soal tersebut, sedangkan siswa perempuan menunjukkan hasil sebanyak 79% memiliki kemampuan baik pada soal tipe C2 dan sebanyak 75% dapat menjawab soal tipe C3, dan memiliki kelemahan dalam menjawab soal tipe C4 dan C6 ranah mencipta yaitu hanya sekitar 45%. Tidak terdapat perbedaan kendala antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menjawab soal materi struktur dan fungsi tumbuhan, siswa kesulitan dalam memahami materi ditambah pembelajaran yang dilakukan secara daring sehingga penjelasan dari guru tidak tersampaikan secara menyeluruh menyebabkan siswa semakin sulit untuk memahami materi, siswa juga terkendala oleh kurangnya kuota untuk mengikuti pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Jenis Kelamin; Struktur dan Fungsi Tumbuhan |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rani Oktafiani Isdayanti |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 01:36 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 01:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/40252 |
Actions (login required)
View Item |