Qonitah, Hana (2021) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis Problem Based Learning untuk siswa kelas IX SLB/B: Research and development di SLB Tunas Harapan Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (953kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (725kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
Abstract
Siswa Tunarungu memiliki karakteristik yang berbeda khususnya pada kemampuan bahasa yang menyebabkan siswa Tunarungu termasuk siswa disalah satu SLB/B di Kabupaten Karawang kesulitan dalam mempelajari hal-hal yang abstrak seperti matematika. Salah satu alternatif untuk membantu siswa Tunarungu dalam belajar matematika adalah penggunaan bahan ajar matematika yang disesuaikan dengan karakteristik siswa Tunarungu. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis problem based learning untuk siswa Tunarungu SLB/B yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan dan juga karakteristik yang dimiliki oleh siswa. Metode yang digunakan merupakan metode research and development Borg dan Gall dengan 7 tahap yang akan dilakukan, yaitu (1) Identifikasi penelitian, (2) Pengumpulan data (3) Desain produk, (4) Validasi produk oleh ahli materi dan ahli Tunarungu, (5) Revisi Produk, (6) Uji coba bahan ajar, (7) Revisi bahan ajar. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan valid “sangat layak” untuk aspek isi, dan aspek penyajian, layak pada aspek bahasa, dan aspek kegrafikan dan bahan ajar matematika yang dikembangkan berdampak “Sedang” terhadap peningkatan hasil belajar enam siswa Tunarungu SLB/B.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar; Matematika; Probem Based Learning; Tunarungu |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hana Qonitah |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 06:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2021 06:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41818 |
Actions (login required)
View Item |