Prasetyo, Ghaly (2021) Pembinaan terhadap remaja yang bermasalah dengan hukum di kalangan penghuni lembaga pembinaan khusus anak: Penelitian pada remaja-remaja penghuni LPKA Kelas II Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
Abstract
Banyaknya kasus kenakalan remaja mendorong angka kriminalitas yang banyak terjadi pada anak. Anak yang bermasalah dengan hukum akan ditempatkan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak untuk dilakukan pembinaan dan pendidikan secara khusus. Selama dalam proses rehabilitas anak akan dididik dan dilatih untuk dapat terjun di masyarakat setelah dilakukan rehabilitasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor terjadinya kenakalan remaja. Selain itu untuk mengetahui pembinaan anak yang bermasalah dengan hukum. Serta dampak dari program anak yang bermasalah dengan hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak. Penelitian ini menggunakan aspek teori hegemoni dalam masyarakat yang dapat mempengaruhi seseorang melakukan hal-hal tertentu. Pengaruh hegemoni memiliki kekuatan tinggi dalam kasus ini. Anak yang memiliki lingkungan baik atau buruk dipengaruhi oleh hegemoni atau pengaruh dari masyarakat sekitar. Jadi anak remaja harus beradaptasi terhadap lingkungan sekitar tanpa menilai baik ataupun buruk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan meliputi observasi, wawancara secara intens, dan dokumentasi selama peneliti berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas II Sukamiskin kota Bandung. Analisis data yang digunakan yaitu mempersiapkan instrumen data, pengumpulan data, klasifikasi data, pendekatan analogis logika, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa faktor terjadinya kenakalan remaja dipengaruhi oleh keluarga, lingkungan, dan keadaan anak tersebut. Remaja yang bermasalah dengan hukum ini akan dibina oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak untuk untuk dapat merubah prilaku mereka menjadi manusia yang lebih baik. Dampak yang dirasa anak didik yang berada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak adalah terpenuhinya hak pendidikan bagi anak dan meningkatkan iman dan takwa anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Remaja; Hukum; Lembaga; Lingkungan |
Subjects: | Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Young People Criminology > Child Abuse |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Ghaly Prasetyo |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 15:15 |
Last Modified: | 13 Aug 2021 01:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41825 |
Actions (login required)
View Item |