Iftitah, Nurul (2021) Hubungan antara persepsi mengenai tuntutan tugas dan kemandirian belajar pada mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Psikologi UIN Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena mengenai permasalahan akademik yang kerap dialami oleh mahasiswa yakni banyaknya tuntutan tugas yang mereka dapatkan dari perkuliahan, karena setiap tugas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sehingga setiap mahasiswa akan memiliki persepsi yang berbeda mengenai tiap tugasnya Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, maka diperlukannya perilaku mandiri pada diri mereka karena dengan kemandirian mahasiswa akan bisa mencapai tujuan pembelajaran seperti yang mereka harapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi mengenai tuntutan tugas dan kemandirian belajar pada mahasiswa angkatan 2019 di Fakultas Psikologi UIN Bandung. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan menggunakan desain korelasional. Data yang didapat dengan melalui teknik berupa angket atau kuesioner, dengan subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa angkatan 2019 yakni sebanyak 181 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan skala tuntutan tugas dan kemandirian belajar dengan menggunakan try-out terpakai (tanpa uji coba skala). Metode pengolahan data yang digunakan adalah dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap tuntutan tugas. Hasil dari nilai koefisien korelasi antara persepsi mengenai tuntutan tugas terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa angkatan 2019 di Fakultas Psikologi UIN Bandung sebesar 0.835, serta nilai uji hipotesis dengan menggunakan korelasi Product Moment diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi; tuntutan tugas; kemandirian belajar; |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Nurul Iftitah Saripudin |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 02:21 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 02:21 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/41937 |
Actions (login required)
View Item |