Yanthiani, Lenny (2021) Pengaruh NPF, NOM dan BOPO terhadap profitabilitas dan dampaknya terhadap Market Share Bank Syariah di Indonesia. Doktoral thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (757kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
Abstract
Perbankan syariah saat ini belum berkembang di Indonesia, terbukti dengan masih rendahnya Market Share yaitu hanya sebesar 5,9% padahal sudah beroperasi hampir 30 tahun. Perlambatan ini membuat kondisi perbankan syariah selalu menjadi pembahasan, terutama masalah penguatan modal, likuiditas dan efisiensi. Hal ini merupakan tantangan yang harus diselesaikan oleh perbankan syariah. Penelitian ini di latar belakangi beberapa faktor yaitu rendahnya kualitas pembiayaan, kurangnya literasi masyarakat terhadap perbankan syariah dan teknologi yang kurang bersaing dengan perbankan konvensional Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh NPF, NOM, BOPO, dan ROA terhadap Market Share baik secara parsial dan simultan; untuk menganalisis pengaruh NPF, NOM, dan BOPO terhadap ROA baik secara parsial dan simultan; dan untuk menganalisis pengaruh ROA secara parsial dalam memediasi hubungan NPF, NOM dan BOPO terhadap Market Share. Adapun kerangka berfikir penelitian ini adalah kemajuan perkembangan BUS dengan indikator Market Share. Market Share secara kuantitatif dipengaruhi oleh rasio keuangan yaitu NPF, NOM, BOPO dan ROA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan jumlah sampel delapan Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan teknik analisis data dilakukan melalui teknik analisis regresi dan Analisis jalur metode Product of Coefficient. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial pada persamaan I, NPF, NOM, BOPO, dan ROA tidak berpengaruh terhadap Market Share bank syariah Indonesia. Sedangkan secara simultan, NPF, NOM, BOPO, dan ROA berpe-ngaruh terhadap Market Share bank syariah Indonesia. Kemudian pada persamaan II, NPF, NOM, dan BOPO berpengaruh terhadap ROA baik secara parsial maupun simultan. dan terakhir pada persamaan III ROA secara parsial terbukti tidak memberikan efek mediasi berkenaan dengan pengaruh NPF, NOM dan BOPO terhadap Market Share. Hasil penemuan pada penelitian ini terbukti bahwa NPF, NOM, dan BOPO tidak memiliki pengaruh terhadap Market Share, namun terhadap ROA ketiga variable tersebut memiliki pengaruh yang signifikan. sedangkan ROA sebagai variabel perantara tidak berpengaruh dan memediasi secara langsung terhadap Market Share.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NPF;NOM;BOPO;Profitabilitas;market share |
Subjects: | Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam |
Depositing User: | Haris Maiza Putra |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 06:27 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 06:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42033 |
Actions (login required)
View Item |