Al-hamidi, Teguh Iqbal Maulana (2021) Peran orang tua dalam upaya meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlaq di masa pandemi covid-19 : Penelitian pada siswa kelas IX MTsN 5 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (763kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh di masa pandemic Covid-19. Dadang arkan selaku bidang kurikulum mengatakan bahwa peserta didik yang kekurangan dalam fasilitas untuk mengakses E-learning Madrasah tidak banyak jumlahnya sehingga dipertanyakan bagaimana orang tua mereka menggantikan peran guru di rumah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti mengenai peran orang tua dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peran orang tua dalam pembelajaran di masa Covid-19 (2) Pembelajaran Aqidah Akhlaq selama masa pandemi Covid-19 di MTsN 5 Sumedang (3) Faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam upaya meningkatkan prestasi belajar (4) Prestasi belajar Aqidah Akhlaq selama masa pandemi Covid-19 di MTsN 5 Sumedang. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa orang tua berperan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Beberapa indikator peran orang tua yaitu Motivator, Pengasuh, Fasilitator, dan Pendamping sangat penting bagi kesuksesan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu jika peran orang tua dilaksanakan dengan baik maka prestasi belajar siswa akan meningkat dengan tinggi. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan femonologi dan metode Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua peserta didik di MTsN 5 Sumedang yang berjumlah 4 orang. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dari 4 orang tua di MTsN 5 Sumedang, 3 diantaranya melaksanakan peran berupa motivator, fasilitator, pendamping dan pengasuh dengan baik, yang mempengaruhi terhadap pretasi belajarnya dengan mengalami peningkatan prestasi belajar yang tinggi dan stabil (2) E-learning Madrasah menjadi pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Aqidah Akhlaq selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran dilakukan secara pasif antara peserta didik dan guru (3) Faktor pendukung dalam peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq MTsN 5 Sumedang kelas IX yaitu: Kesadaran anak dan fasilitas yang baik. Faktor penghambat dalam peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq MTsN 5 Sumedang kelas IX yaitu: jaringan dan waktu yang dimiliki orang tua. (4) Prestasi belajar peserta didik bisa diketahui dengan serangkaian ujian baik teks maupun nonteks, untuk mencapai prestasi yang diinginkan dengan baik maka perlu peranan orang tua yang mendukung sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran; Prestasi Belajar; Aqidah Akhlaq |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam |
Depositing User: | Teguh Iqbal Maulana Al-hamidi |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 03:50 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 03:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42239 |
Actions (login required)
View Item |