Rahila, Zulfah Nurul and Hidayat, Ara (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. [Teaching Resource]
|
Text
1132060089 - ZULFAH NURUL RAHILA.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing karena siswa dilibatkan lebih aktif dan kreatif untuk memecahkan masalah dalam materi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling purposive. Kelas VII C sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan VII F yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah seperangkat tes dan lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan gain. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh rata-rata tes awal 55,14 (berkategori kurang), tes akhir 65,74 (berkategori baik) dengan rata-rata gain 10,6. Sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing rata-rata tes awal 45,57 (berkategori kurang sekali), tes akhir 52,83 (berkategori kurang), dengan rata-rata gain adalah 7,26. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir diperoleh nilai thitung = 2,26 dan ttabel = 1,77 pada taraf signifikansi 5%. Maka thitung > ttabel, Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan berpikir kratif siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif, Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2017 03:14 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 03:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4253 |
Actions (login required)
View Item |