Munawar, Fuad (2021) Tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada Mata Pelajaran Nahwu: Penelitian korelasional terhadap santri Kelas 4 di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Garut. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.
|
Text (Cover)
1_COVER.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (634kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dimana peneliti memperoleh informasi awal bahwa penerapan metode tanya jawab mendapat tanggapan cukup positif dari santri, hanya saja disisi lain hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran nahwu masih rendah. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan yang melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti berkesempatan untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Realitas tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab di kelas 4 Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Garut (2) Realitas hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Nahwu di kelas 4 Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Garut (3) Hubungan antara tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran nahwu di kelas 4 Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Garut. Peneilitan ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif santri pada mata pelajaran Nahwu dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya tanggapan mereka terhadap penerapan metode tanya jawab. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin positif tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab, maka akan semakin baik (tinggi) hasil belajar kognitif merka, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Realitas tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab berkategori cukup dengan skor 2,73, (2) Realitas hasil belajar kognitif santri pada mata pelajaran Nahwu berkategori baik dengan skor 71,19, (3) Hubungan tanggapan santri terhadap penerapan metode tanya jawab dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran Nahwu adalah (a) koefisien korelasinya sebesar 0,170 termasuk kategori sangat lemah (b) hipotesisnya Ha ditolak karena, thitung 37,17 lebih kecil dari ttabel 38, dan (c) kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 3%. Hal ini menunjukan bahwa masih terdapat 97% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar kognitif santri pada mata pelajaran Nahwu di kelas 4 Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hidayah Garut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode tanya jawab; pembelajaran kognitif; nahwu; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fuad Munawar |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 07:48 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 07:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42711 |
Actions (login required)
View Item |