Nabila, Irfani (2017) Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah (Penelitian di MTs Nurul Iman Cibaduyut-Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab I.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Pelaksanaan supervisi merupakan tugas kepala sekolah untuk melakukan pengawasan terhadap guru dan pegawai sekolahnya, kegiatan ini juga mencakup penelitian, penentuan berbagai kebijakan yang diperlukan, dan pemberian jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi oleh seluruh pegawainya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah di MTs Nurul Iman dalam (1) Latar Alamiah MTs Nurul Iman, (2) Perencanaan Program Supervisi di MTs Nurul Iman, (3) Pelaksanaan Program Supervisi di MTs Nurul Iman, (4) Evaluasi dan Tindak Lanjut Program Supervisi, (5) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Kegiatan Supervisi. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa menurut Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang kualifikasi dan kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah, salah satu kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah adalah mampu melaksanakan supervisi. Adapun subkompetensi kepala sekolah terkait supervisi meliputi merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru; melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat; menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan unitisasi data, kategorisasi data dan penafsiran data. Uji abasah data dilakuan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, analisis kasus negative, kecukupan referensi, pengecekan anggota, uraian rinci, auditing untuk kriteria kebergantungan, auditing untuk kriteria kepastian. Dalam hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Kompetensi Supervisi Kepala Madrasah di MTs Nurul Iman sudah memenuhi standar dalam (1) Latar Alamiah Sekolah yang Strategis, (2) Perencanaan Program Supervisi Kepala Madrasah meliputi program yang direncanakan yaitu program semester ganjil & genap dan program bulanan; dan program yang tidak direncanakan yaitu kunjungan kelas yang tidak terjadwal, (3) Pelaksanaan Program Supervisi terkait dengan kelengkapan adiminstrasi guru/ wali kelas dan kegiatan pembelajaran di kelas, (4) Evaluasi dan Tindak Lanjut Program Supervisi di MTs Nurul Iman melalui teknik diskusi dan wawancara, (5) Faktor Pendukung yaitu kepala madrasah yang sudah cukup bagus dan fasilitas yang mendukung dalam kegiatan supervisi, Faktor Penghambatnya adalah tugas ganda kepala madrasah dan guru yang kadang tidak siap untuk disupervisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Supervisi, Madrasah Tsanawiyah |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Irfani Nabila |
Date Deposited: | 25 Sep 2017 01:06 |
Last Modified: | 25 Sep 2017 01:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/4307 |
Actions (login required)
View Item |