Annisa, Muthia Nur (2021) Bimbingan dan konseling Islam melalui teknik pendampingan pada aktivitas belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena bahwa dengan adanya perubahan pada proses pembelajaran yang menjadi pembelajaran daring, menyebabkan siswa merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran, menurunnya minat belajar, motivasi yang kurang, serta kurangnya fasilitas yang menunjang untuk pembelajaran tersebut. Di masa pandemic covid-19 ini aktivitas belajar siswa harus tetap dilaksanakan dengan baik walaupun melalui pembelajaran daring. Dengan dilakukannya teknik pendampingan pada aktivitas belajar siswa ini diharapkan adanya perubahan yang lebih baik pada aktivitas belajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui: (1) kondisi aktivitas belajar siswa di masa pandemi covid-19, (2) proses bimbingan dan konseling islam melalui teknik pendampingan pada aktivitas belajar siswa di masa pandemic covid-19, (3) hasil dari bimbingan dan konseling islam melaui teknik pendampingan pada aktivitas belajar siswa di masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Talaga. Penelitian ini didasari pada teori bahwa bimbingan dan konseling islam merupakan proses pemberian bantuan,, bimbingan dan nasihat yang diberikan kepada seseorang yang untuk membantu mencegah serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, sehingga bisa mengoptimalnya potensi yang di miliki untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis teliti, menunjukan bahwa siswa-siswi memiliki semangat yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran, namun tidak jarang di masa pandemi ini semangat dalam mengikuti pembelajaran menurun sehingga mempengaruhi aktivitas belajar tersebut. Dengan diberikannnya dorongan melalui bimbingan dan konseling islam dengan teknik pendampingan yang dilakukan mampu mengembalikan atau meningkatkan semangat mereka dalam melakukan aktivitas belajar hal tersebut dapat dilihat dari kehadiran mereka dalam proses pembelajaran daring ketika melakukan pendampingan atau tidak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan dan konseling islam melalui teknik pendampingan ini dapat mengembalikan semangat siswa-siswi dalam melakukan aktivitas belajar dengan baik, meskipun dalam pelaksanaannya belum dapat dilakukan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling Islam; Aktivitas Belajar; Pandemi Covid-19; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Muthia Nur Annisa |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:54 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43222 |
Actions (login required)
View Item |