Saputra, Firgiawan Rangga (2021) Sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube hubungannya dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII di SMPN 30 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (453kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh informasi yang didapat dalam studi pendahuluan bahwa penggunaan media video di youtube terindikasikan sikap siswa yang positif, semestinya setelah menggunakan media tersebut pemahaman mereka menjadi sangat baik.Namun faktanya pemahahaman mereka pada mata pelajaran PAI relatif kurang. Hal tersebut menunjukan adanya kesenjangan dan melahirkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Realitas sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube di SMPN 30 Bandung; (2) Realitas pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI dikelas VIII SMPN 30 Bandung; dan (3) Hubungan antara sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 30 Bandung. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI memiliki keterkaitan dengan sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube. Atas dasar hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin positif sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube, maka akan semakin baik pula pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI, demikian pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat di simpulkan bahwa: (1) Realitas sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube termasuk kategori positif (skor 3,78), (2) Realitas pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI termasuk kategori tinggi (skor 82,97), dan (3) Realitas hubungan kedua variabel yaitu (a) Koefisien korelasinya termasuk kuat (0,65); (b) Hipotesisnya diterima, karena nilai t_hitung sebesar 14,11 dan t_tabel sebesar 0,2542; dan (c) Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 25%. Hal ini menunjukan bahwa 25% pemahaman mereka pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap penggunaan media video di youtube dan masih terdapat 75% faktor lain yang mempengaruhi pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; PAI; Sikap Siswa |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Firgiawan Rangga Saputra |
Date Deposited: | 03 Oct 2021 15:00 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 02:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43836 |
Actions (login required)
View Item |