Respon Mad'u terhadap dakwah K.H Asep Sudrajat melalui dakwah Marhamah : Penelitian terhadap jamaah pengajian di pondok pesantren Ulul Albab Bandung

Tiodora, Susan (2021) Respon Mad'u terhadap dakwah K.H Asep Sudrajat melalui dakwah Marhamah : Penelitian terhadap jamaah pengajian di pondok pesantren Ulul Albab Bandung. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah merupakan suatu kemestian dalam rangka pengembangan agama Islam juga kewajiban setiap muslim dalam melaksanakanya karena dakwah merupakan kegiatan penting dalam islam. Supaya dapat memahami dan menerima bahwa dakwah islam adlah pedoman kehidupan manusia. Penelitian ini dimulai dari berawalnya kegiatan Dakwah Marhamah di Pondok Pesantren Ulul Albab Bandung yang dipimpin oleh K.H Asep Sudrajat seorang. Dakwah marhamah ini bisa dijadikan ciri khas dalam mengembangkan pemikiran islam dan syariat islam dalam ceramah-ceramahnya K.H Asep Sudrajat, agar orang-orang lebih mengetahui makna dan terarahnya jalan kehidupan ketika mengingat Allah SWT dalam hidupnya setiap waktu serta dapat menumbuhkan kemahabbahan kepada Allah SWT. Tujuan pada penelitian ini yaitu, untuk mengetahui respon jamaah yang ada di pondok pesantren ulul albab terkait perhatian, pemahaman, dan penerimaan pada proses dakwah K.H Asep Sudrajat melaui dakwah marhamah atau seing disingkat DM. penelitian berpijak di teori respon atau yang telah diketahui yaitu teori S-O-R, asumsi teori yang telah dikembangkan Onong Uchyana Effendi kemudian pada asumsi teori ini dianalogikan dengan proses dakwah marhamah oleh K.H Asep Sudrajat yang pada proses komunikasi penerapannya terdiri dari Stimulus (pesan), Organism (komunikan), dan respon (efek). Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang merupakan sebuah penelitian masalah yang terbentuk menjadi variabel-variabel kemudian dihitung melalui angka, dan analisiss statistik. Dalam penelitian menggunakan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan pembagian angket (kuesioner). Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan dakwah marhamah mendapatkan respon positif dari para jamaah yaitu sebagai berikut: perhatian mad’u terhadap dakwah K.H Asep Sudrajat melalui dakwah marhamah sebesar 95%, pemahaman mad’u terhadap dakwah marhamah K.H Asep Sudrajat sebesar 100%, dan pada penerimaan mad’u terhadap K.H Asep Sudrajat sebesar 86%. Berdasarkan hasil analisis data di dapatkan korelasi antara variabel respon dengan variabel dakwah marhamah yakni mendapatkan nilai 0.927 (92.7) maka H1 diterima dan H0 ditolak, jadi terdapat hubungan yang kuat antara variabel x dan y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; K.H.Asep Sudrajat
Subjects: Systems > Theory of Communication and Control
Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Susan Tiodora
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:32
Last Modified: 05 Oct 2021 08:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43851

Actions (login required)

View Item View Item